Trump Siap Kerahkan Ribuan Tentara Bersenjata tuk Hentikan Unjuk Rasa

Dythia Novianty
Trump Siap Kerahkan Ribuan Tentara Bersenjata tuk Hentikan Unjuk Rasa
Presiden AS Donald Trump di Gedung Putih, Washington. [AFP]

Donald Trump siap mengerahkan ribuan tentara bersenjata lengkap untuk menghentikan protes atau demo yang berlangsung ricuh.

Suara.com - Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump siap mengerahkan ribuan tentara bersenjata lengkap untuk menghentikan protes atau demo yang berlangsung ricuh di ibu kota AS, Washington DC.

Trump pun berencana melakukan hal sama di kota-kota lain, apabila wali kota dan gubernur negara bagian gagal mengendalikan demo yang berunjung kekerasan.

Menurut keterangan dari seorang saksi mata, pihak berwenang membubarkan aksi unjuk rasa damai dengan gas air mata dan peluru karet dari jarak hanya beberapa ratus meter.

"Jika sebuah kota atau negara bagian menolak mengambil tindakan yang diperlukan untuk mempertahankan kehicupan dan properti penduduk mereka, maka saya akan mengerahkan militer Amerika Serikat bersenjata lengkap dengan cepat menyelesaikan masalah mereka," ujar Trump dalam pidatonya, dilansir laman Antara, Rabu (3/6/2020).

Seperti diketahui, jam malam di Washington akan diberlakukan secara ketat setelah terjadi kekerasan, penjarahan, dan beberapa kebakaran pada Minggu malam.

Trump menyebut, aksi tersebut sebagai "aib".

Trump mengatakan bahwa ia memobilisasi semua sumber daya sipil dan militer untuk menghentikan kerusuhan dan penjarahan, demi mengakhiri kehancuran, pembakaran dan melindungi hak-hak warga Amerika yang taat hukum.

Sementera itu, polisi yang menunggang kuda mendorong para pengunjuk rasa dari sebuah taman di seberang Gedung Putih. Suara granat pun terdengar saar pihak berwenang berusaha menghalau para pengunjuk rasa itu.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS