Seniman Jateng Salurkan Donasi Rp 425 Juta

Fabiola Febrinastri | Dian Kusumo Hapsari
Seniman Jateng Salurkan Donasi Rp 425 Juta
Pertunjukan seni daring, Panggung Kahanan. (Dok : Pemprov Jateng).

Pertunjukan seni tersebut diselenggarakan di rumah dinas Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

Suara.com - Pemerintah Provinsi Jawa Tengah menyelenggarakan pertujukan seni daring, Panggung Kahanan. Pertunjukan seni tersebut diselenggarakan di rumah dinas Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo.

Panggung Kahanan merupakan program pertunjukan yang digelar pada 4 Mei-22 Mei 2020 di Puri Gedeh, Jalan Gubernur Budiono No 8 Semarang.

Dalam pertunjukan tersebut, penyelenggara berhasil mengumpulkan dana sebesar Rp 425.990.991.

Dana tersebut rencananya akan didonasi kepada seniman Jateng melalui tiga kluster, yakni Proposal Program, Submit Karya dan Bantuan Langsung Tunai.

"Saya mengucapkan terimakasih pada teman-teman seniman yang turut berpartisipasi dalam Panggung Kahanan ini. Mereka tampil dengan sukarela dan semangat kebersamaan sebagai wujud sumbangan seniman pada penanganan Covid 19," kata penanggung jawab Panggung Kahanan, Anton Sudibyo, Minggu (7/6/2020).

Penyaluran donasi tersebut memiliki tiga bagian. Seperti yang diunggah diakun @panggungkahanan.id dan direpost @ganjar_pranowo, yaitu,  Submit Karya, Proposal Program, dan Bantuan Langsung Tunai.

Untuk submit karya, donasi yang bakal disalurkan senilai total Rp 105 juta. Seniman yang mengirim karya akan dipilih untuk mendapat bantuan Rp 500 ribu kategori perseorangan dan Rp 1 juta kategori kelompok.

Sementara Proposal Program yang berisi perencanaan penyelenggaraan kegiatan kesenian, donasi yang bakal disalurkan sebanyak Rp 245 juta. Para seniman bisa mengajukan berbagai program. Seperti pertunjukan daring, workshop seni, penerbitan buku, atau penelitian seni budaya.

Sementara bantuan langsung tunai, ditujukan kepada seniman yang dilanda sakit maupun yang memerlukan biaya pendidikan anaknya. Proses tiga ketentuan penerima donasi tersebut akan diakhiri pada 21 Juni 2020.

Seluruh uang donasi akan disalurkan kepada para seniman yang berasal dari Jawa Tengah apapun genrenya, baik itu tradisi maupun modern.

"Jadi ini pertunjukan dari seniman untuk seniman. Tapi karena kami ingin dana ini terus bergulir maka penyalurannya tidak berhenti sekadar menyerahkan uang atau barang, melainkan sebisa mungkin menghasilkan karya atau manfaat lain seperti pertunjukan di daerah atau pelatihan dan penerbitan buku yang dibagikan gratis," kata Anton.

Ganjar mengatakan, penyaluran dana tersebut sesuai dengan semangat Panggung Kahanan sejak awal yakni mendorong seniman tetap berkarya meski di tengah pandemi.

"Mudah-mudahan Panggung Kahanan ini tetap mendorong seniman untuk berkarya. Makanya kita dorong untuk ada donasi agar teman-teman seniman tetap urip (hidup)," kata Ganjar.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS