KKP Ekspor Benih Lobster, Susi Sentil Jokowi soal Tak Ada Visi Misi Menteri

Reza Gunadha | Farah Nabilla
KKP Ekspor Benih Lobster, Susi Sentil Jokowi soal Tak Ada Visi Misi Menteri
Ilustrasi Susi Pudjiastuti. (Suara.com/Ema Rohima)

Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) mengizinkan soal mengekspor benih lobster, penggunaan cantrang, dan beroperasinga kapal-kapal asing.

Suara.com - Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti masih geram soal diizinkannya ekspor bibit lobster dan penggunaan cantrang. Saking geramnya, kali ini Susi menyentil Presiden Joko Widodo beserta soal penyataannya terkait tak ada visi misi menteri.

Kekesalan Susi Pudjiastuti seakan sudah di ubun-ubun. Kementerian yang dulu pernah dipimpinnya kini justru mengizinkan aturan kelautan yang pernah ditentangnya dengan begitu keras.

Susi kini mulai menyinggung soal pernyataan Presiden Jokowi di masa-masa awal peresmian Kabinet Indonesia Maju pada Oktober 2019 lalu yang menyebut tak ada lagi visi dan misi menteri, yang ada adalah visi misi presiden dan wakil presiden.

"Walau ini kata beliau, saya pribadi masih belum percaya kalau sekarang KKP izinkan ekspor bibit lobster, cantrang diizinkan resmi, kapal-kapal ex asing jalan lagi itu atas izin beliau @jokowi..., Lagi Tak Ada Visi Misi Menteri," tulis Susi Pudjiastuti, Jumat (26/6/2020).

Susi Pusjiastuti menyentil Jokowi soal Tak Ada Visi Misi Menteri. (Twitter/@susipudjiastuti)
Susi Pusjiastuti menyentil Jokowi soal Tak Ada Visi Misi Menteri. (Twitter/@susipudjiastuti)

Susi pun menggamit akun Instagram putra-putra Presiden Jokowi yakni Gibran Rakabuming Raka dan Kaesang Pangarep.

Susi juga tak habis pikir jika langkah pemerintah dengan melakukan ekspor bibit lobster dianggap sebagai sebuah investasi.

"Ekspor bibit lobster = investasi?????" imbuh Susi seraya mencantumkan emotikon perempuan menepuk jidat.

Kebijakan ekspor benih lobster sempat dilarang dimasa kepemimpinan Susi di KKP. Hal itu tertuang dalam Peraturan Menteri KKP Nomor 56/Permen-KP/2016 tetang larangan ekspor lobster.

Namun, peraturan tersebut dicabut setelah Edhy Prabowo menjabat sebagai Menteri KKP. Aturan yang terbaru ini diresmikan pada 5 Mei 2020.

Sejak awal isu ekspor benih lobster akan diizinkan, Susi Pudjiastuti seringkali memberikan kritik keras. Belum lama ini, Susi juga sempat menyebut kebijakan membuka ekspor benih lobster dilakukan demi kepentingan 9 perusahaan.

Lebih lanjut, Susi pun mempertanyakan bagaimana bisa kesembilan perusahaan itu mendapatkan hak istimewa untuk mengekspor benih lobster. Pasalnya, pada saat masih menjabat sebagai menteri, kebijakan itu amat dilarang oleh Susi

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS