Meningkat Tiap Pekan, Penumpang KRL Bertambah 10 persen pada Senin Kemarin

Chandra Iswinarno | Fakhri Fuadi Muflih
Meningkat Tiap Pekan, Penumpang KRL Bertambah 10 persen pada Senin Kemarin
Antrean calon penumpang KRL di Stasiun Bogor, pada Senin (22/6/2020) pagi. (ANTARA/Foto: Riza Harahap)

Ia menyebut pada Senin 29 Juni 2020 jumlah pengguna KRL kembali mencatatkan rekor tertinggi di masa pandemi Covid-19 yaitu 393.498 pengguna.

Suara.com - Sejak memberlakukan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) transisi, jumlah penumpang Kereta Rel Listrik (KRL) berangsur-angsur meningkat. Tiap pekan, khususnya Senin, pemakai angkutan berbasis rel ini terus bertambah.

VP Corporate Communications PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) Anne Purba mengatakan, peningkatan penumpang bertambah seiring dengan dibukanya sektor usaha dan perkantoran di Jakarta.

Ia menyebut pada Senin 29 Juni 2020 jumlah pengguna KRL kembali mencatatkan rekor tertinggi di masa pandemi Covid-19 yaitu 393.498 pengguna.

"Jumlah ini meningkat 10 persen dibanding pada Senin pekan lalu," ujar Anne dalam keterangan tertulis yang dikutip Suara.com pada Selasa (30/6/2020).

Ia juga meminta kepada seluruh pengguna KRL untuk disiplin dan bekerja sama mengikuti protokol kesehatan di stasiun dan di dalam kereta. Mulai dari menggunakan masker, menjaga jarak, hingga menjaga kebersihan.

"PT KCI juga mengajak para pengguna untuk bertenggang rasa kepada sesame pengguna termasuk dengan tertib mengikuti antrean dan penyekatan di stasiun," katanya.

Sebelumnya, Anne Purba mengatakan tiap hari Senin memang selalu menjadi waktu peningkatan penumpang tertinggi tiap pekan. Saat awal PSBB transisi, Senin (8/6/2020) jumlah penumpangnya mencapai 300.029 pengguna.

Lalu pekan depannya, Senin (15/6/2020) jumlahnya kembali meningkat jadi 342.436 pengguna atau terjadi peningkatan sekitar 14 persen. Volume penumpang tersebut merupakan volume tertinggi semenjak diterapkannya PSBB maupun PSBB Transisi. 

Setelah mencapai 300 ribu pengguna pada hari Senin pekan awal PSBB, di hari-hari selanjutnya jumlahnya turun menjadi sekitar 280 ribu pengguna per hari. Sementara pekan lalu, dari 340 ribu pengguna di hari Senin, pada hari-hari setelahnya jumlah pengguna turun ke angka 320 ribu pengguna. 

"PT KCI memprediksi Senin volume pengguna KRL akan kembali naik seiring semakin banyaknya warga yang beraktivitas kembali," ujar Anne dalam keterangan tertulis yang dikutip Suara.com, Minggu (21/6/2020).

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS