WHO Waspadai Flu Babi G4 di Tengah Pandemi Corona

Rendy Adrikni Sadikin | Arief Apriadi
WHO Waspadai Flu Babi G4 di Tengah Pandemi Corona
Logo Organisasi Kesehatan Dunia, WHO. [AFP]

Ilmuan memeringati virus flu babi baru ini bisa saja menular ke manusia dan berpotensi jadi pandemi baru.

Suara.com - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) meminta seluruh negara untuk menaruh kewaspadaan tinggi terhadap flu babi jenis baru kendati kekinian masih berjuang memerangi virus Corona.

Menyadur The Hindu, sebuah studi di China menemukan adanya virus flu babi baru bernama G4. Temuan itu diumumkan pada Selasa (30/6/2020).

Dalam studi tersebut, para ilmuan memeringati virus flu babi baru ini bisa saja menular ke manusia dan berpotensi jadi pandemi baru.

"Kami akan membaca makalah ini dengan seksama untuk memahami apa yang baru (dari ini)," kata juru bicara WHO, Christian Lindmeier dikutip dari The Hindu, Rabu (1/7/2020).

Ilustrasi flu babi. (Shutterstock)
Ilustrasi flu babi. (Shutterstock)

Lindmeier juga menyebut penting bagi lembaga terkait untuk kolaborasi dalam penemuan ini. Pengawasan terhadap populasi hewan juga harus dilakukan.

WHO, kata Lindmeier, turut menegaskan bahwa penemuan flu babi jenis baru ini jadi lecutan bahwa dunia harus sadar adanya potensi pandemi lain dari virus jenis influenza.

"Temuan ini juga menyoroti bahwa kita tak boleh menurunkan kewaspadaan terhadap influenza dan perlu waspada dan melanjutkan pengawasan bahkan saat adanya Covid-19," tandasnya.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS