Kelelawar Raksasa Hebohkan Publik, Ini Fakta di Baliknya

Reza Gunadha | Fitri Asta Pramesti
Kelelawar Raksasa Hebohkan Publik, Ini Fakta di Baliknya
Kelelawar Raksasa Hebohkan Publik, Sebesar Manusia?. (AlexJoestar622)

Spesies kelelawar asal Filipina ini bernama megabat

Suara.com - Belum lama ini beredar foto kelelawar yang membuat warga internet heboh. Pasalnya, ukuran hewan tersebut terlampau besar bahkan disebut-sebut seukuran manusia.

Dalam unggahan yang lalu-lalang di media sosial, nampak seekor tengah tidur sambil bergantung di sebuah kawat di depan rumah. Tak biasanya, ukurannya terlihat begitu besar dan tinggi.

Menyadur NDTV, foto kelelawar raksasa ini sebenarnya telah beredar di platform Reddit pada 2018 silam. Namun, kembali jadi perbincangan usai diposting ulang di Twitter oleh @AlexJoestar622.

Sontak, warganet kala itu langsung geger mengetahui kelelawar yang disebutkan berasal dari Filipina ini. Mayoritas merasa ngeri membayangkan hewan raksasa ini.

Spesies dengan julukan megabat ini sebetulnya memiliki tumbuh setinggi sekitar 1 kaki atau setara dengan 30,4 cm. Namun, sayapnya dapat tumbuh sekitar 5,5 kaki atau setara 167 cm.

Alhasil, spesies kelawar yang satu ini memilki tubuh yang lebih besar dibandingkan dengan jenisnya yang lain.

Meskipun begitu, hewan yang hanya berbobot 1,2 kilogram ini sebenarnya tidak memiliki ukuran bak manusia. Lalu bagaiamana hewan ini nampak begitu besar dalam cuitan yang viral?

Rupa-rupanya, rahasianya terletak pada trik fotografi yang digunakan untuk menjepret hewan pemakan buah ini, berdasarkan laporan Daily Mail.

Foto ini diambil deegan teknik fotografi forced perspective yang menampilkan ilusi optik di mana ukuran objek menjadi lebih besar dari aslinya.

Teknik yang digunakan sama seperti cara pelancong berfoto dengan 'memegang' menara Eiffel, Taj Mahal, hingga menara Pisa.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS