alexametrics
Cek Fakta

Cek Fakta adalah bagian dari produk jurnalistik yang dikerjakan khusus oleh tim redaksi Suara.com dengan metode tersendiri. Selangkapnya di sini

CEK FAKTA: Benarkah Massa Demo 16 Juli 2020 Berjumlah Triliunan?

Reza Gunadha | Farah Nabilla
CEK FAKTA: Benarkah Massa Demo 16 Juli 2020 Berjumlah Triliunan?
Cek fakkta: Benerkah massa memenuhi gedung DPR dan tiang Monas saat demo 16 Juli 2020? (Turnbackhoax.id)

Massa itu disebut membludak memenuhi gedung DPR dan tiang Monas.

Suara.com - Sebuah foto yang menunjukkan suasana demo beredar di sosial media massa. Dalam unggahan foto itu disebutkan bahwa para pendemo berjumlah triliunan memenuhi dinding Gedung DPT dan tiang Monas pada aksi demonstrasi 16 Juli 2020 lalu.

Foto itu diunggah oleh sebuah akun Facebook Wasgen Ramadana Boy dengan narasi sebagai berikut:

"16 Juli 2020 Jakarta putih. Triliunan manusia membludak memenuhi dinding Gedung DPR dan tiang Monas".

Cek fakkta: Benerkah massa memenuhi gedung DPR dan tiang Monas saat demo 16 Juli 2020? (Turnbackhoax.id)
Cek fakkta: Benerkah massa memenuhi gedung DPR dan tiang Monas saat demo 16 Juli 2020? (Turnbackhoax.id)

Lalu benarkah bahwa foto tersebut merupakan potret demonstran pada 16 Juli 2020 yang memenuhi Gedung DPR dan tiang Monas?

Baca Juga: Satu Perusuh saat Aksi di DPR Jadi Tersangka, Polisi Pulangkan 19 Orang

Penjelasan

Berdasarkan penelusuran Turnbackhoax.id -jaringan Suara.com, klaim yang menyebut bahwa foto tersebut merupakan para demostran yang memenuhi dinding Gedung DPR dan tiang Monas di aksi demo tanggal 16 Juli 2020 adalah klaim yang salah.

Faktanya, foto itu adalah hasil suntingan dari sebuah potret momen aksi demo tanggal 2 Desember 2016 yang bertajuk aksi 212.

Dalam foto aslinya, massa berpakaian putih-putih itu memenuhi jalan M. H. Thamrin di sekitaran gedung Kementerian Koordinator Kemaritiman dan Investasi serta Kementerian Agama.

Foto tersebut pernah diunggah di sebuah situs melekpolitik pada 3 Desember 2019 dengan judul "Parah! Jumlah Peserta Reuni 212 Di-Mark Up Wan Aibon, Apalagi Jumlah Anggaran".

Baca Juga: CEK FAKTA: Ada Model Baru Seragam Korpri Gamis untuk ASN Pria, Benarkah?

Selain itu, anggota DPD dari DKI Jakarta Fahira Idris juga pernah mengunggah foto itu pada 2 Desember 2016.

Catatan Redaksi:
Artikel ini merupakan bagian dari konten Cek Fakta Suara.com. Dibuat seakurat mungkin dengan sumber sejelas mungkin, namun tidak mesti menjadi rujukan kebenaran yang sesungguhnya (karena masih ada potensi salah informasi). Lebih lengkap mengenai konten Cek Fakta bisa dibaca di laman ini. Pembaca (publik) juga dipersilakan memberi komentar/kritik, baik melalui kolom komentar di setiap konten terkait, mengontak Redaksi Suara.com, atau menyampaikan isu/klaim yang butuh diverifikasi atau diperiksa faktanya melalui email cekfakta@suara.com.

Komentar