Cek Fakta

Cek Fakta adalah bagian dari produk jurnalistik yang dikerjakan khusus oleh tim redaksi Suara.com dengan metode tersendiri. Selangkapnya di sini

CEK FAKTA: Benarkah Klaim Wapres Maruf Amin 5 Tahun Tidak Ngapa-ngapain?

Dany Garjito | Farah Nabilla
CEK FAKTA: Benarkah Klaim Wapres Maruf Amin 5 Tahun Tidak Ngapa-ngapain?
Cek fakta: Wapres Maruf Amin 5 Tahun Tidak Ngapa-ngapain. (Turnbackhoax.id)

Akun Facebook dengan nama Kevin Lee Marpaung membagikan foto dengan narasi "5 TAHUN nggak ngapa-ngapain" dan berhasil mendapat perhatian warganet.

Suara.com - Sebuah akun Facebook menyebarkan foto Wakil Presiden Maruf Amin tengah duduk di dalam sebuah kamar. Dalam unggahan itu disebutkan bahwa Wapres 5 tahun tidak melakukan apa-apa.

Akun Facebook dengan nama Kevin Lee Marpaung membagikan foto dengan narasi "5 TAHUN nggak ngapa-ngapain" dan berhasil mendapat perhatian warganet.

Unggahan itu telah mendapat 1,7 ribu komentar dan telah dibagikan sebanyak 4,7 ribu kali oleh pengguna Facebook lainnya.

Lalu benarkah jika Wakil Presiden Maruf Amin sudah 5 tahun tidak melakukan apa-apa?

Penjelasan

Berdasarkan penelusuran Turnbackhoax.id -jaringan Suara.com, konten yang diunggah oleh akun Facebook Kevin Lee Marpaung itu adalah hasil suntungan dari sebuah tangkapan layar YouTube.

Foto itu adalah salah satu potongan video yang diunggah oleh akun YouTube @sobatmiskinofficial.

Dalam video aslinya, judul yang tertera adalah "2 JAM nggak ngapa-ngapain" bukan "5 TAHUN nggak ngapa-ngapain".

Dalam video itu hanya ada seorang pria berkaus hitam duduk termenung di depan kamera. Selama dua jam 20 menit 52 detik, pria itu hanya duduk menghadap kamera tanpa melakukan apa pun.

Saat video dipercepat, tampak dirinya hanya melotot dan sesekali berkedip atau sedikit memiringkan kepala maupun badannya; bahkan sama sekali tak membuka mulut.

Catatan Redaksi:
Artikel ini merupakan bagian dari konten Cek Fakta Suara.com. Dibuat seakurat mungkin dengan sumber sejelas mungkin, namun tidak mesti menjadi rujukan kebenaran yang sesungguhnya (karena masih ada potensi salah informasi). Lebih lengkap mengenai konten Cek Fakta bisa dibaca di laman ini. Pembaca (publik) juga dipersilakan memberi komentar/kritik, baik melalui kolom komentar di setiap konten terkait, mengontak Redaksi Suara.com, atau menyampaikan isu/klaim yang butuh diverifikasi atau diperiksa faktanya melalui email cekfakta@suara.com.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS