Cek Fakta

Cek Fakta adalah bagian dari produk jurnalistik yang dikerjakan khusus oleh tim redaksi Suara.com dengan metode tersendiri. Selangkapnya di sini

CEK FAKTA: Benarkah FPI Semprotkan Virus Corona?

Reza Gunadha | Farah Nabilla
CEK FAKTA: Benarkah FPI Semprotkan Virus Corona?
Cek fakta soal tuduhan kepada FPI menyemprotkan virus corona. (Turnbackhoax.id)

Sebuah akun Facebook mengabarkan ke sebuah grup dengan mengatakan bahwa FPI menyemprotkan virus corona.

Suara.com - Sebuah unggahan di sosial media mengabarkan bahwa Front Pembela Islam atau FPI menyemprotkan virus corona. Kabar ini disebarkan oleh sebuah akun Facebook ke sebuah grup.

Dalam unggahan itu, akun Maverick menuliskan tuduhan kepada FPI dengan narasi sebagai berikut:

"AWAS HATI2 YANG DIMSEMPROTKAN FPI ADALAH VIRUS CORONA"

Akun itu juga menyertakan sebuah foto yang menampilkan dua orang mengenakan seragam berwarna putih-hijau tengah membersihkan sebuah tempat.

Satu orang memegang sapu, sementara yang satu lainnya menyemprotkan cairan yang tangkinya digendong di punggungnya.

Cek fakta soal tuduhan kepada FPI menyemprotkan virus corona. (Turnbackhoax.id)
Cek fakta soal tuduhan kepada FPI menyemprotkan virus corona. (Turnbackhoax.id)

Lalu benarkah FPI menyemprotkan virus corona?

Penjelasan

Berdasarkan penelusuran Turnbackhoax.id -jaringan Suara.com, foto yang disertakan dalam unggahan itu adalah foto para relawan HILMI-FPI (Hilal Merah Indonesia-Front Pembela Islam) Kota Makassar.

Dalam laman resmi FPI, para relawan itu tengah melakukan enyemprotan cairan disinfektan ke sejumlah masjid di Makassar pada hari Minggu (22/3/2020).

Kegiatan penyemprotan itu dilakukan dalam rangka pencegahan penyebaran virus corona di tempat ibadah yang menjadi program organisasi masyarakat itu.

Catatan Redaksi:
Artikel ini merupakan bagian dari konten Cek Fakta Suara.com. Dibuat seakurat mungkin dengan sumber sejelas mungkin, namun tidak mesti menjadi rujukan kebenaran yang sesungguhnya (karena masih ada potensi salah informasi). Lebih lengkap mengenai konten Cek Fakta bisa dibaca di laman ini. Pembaca (publik) juga dipersilakan memberi komentar/kritik, baik melalui kolom komentar di setiap konten terkait, mengontak Redaksi Suara.com, atau menyampaikan isu/klaim yang butuh diverifikasi atau diperiksa faktanya melalui email cekfakta@suara.com.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS