Perguruan Tinggi Swasta Terbaik di Indonesia 2020 Versi Webometrics

Dany Garjito | Hani
Perguruan Tinggi Swasta Terbaik di Indonesia 2020 Versi Webometrics
Telkom University (telkomuniversity.ac.id)

Terdapat 10 PTS terbaik di Indonesia edisi Juli 2020.

Suara.com - Tak hanya perguruan tinggi negeri (PTN), banyak calon mahasiswa yang juga mencari perguruan tinggi swasta (PTS) terbaik di Indonesia untuk melanjutkan studinya.

Menyadur dari Webometrics, terdapat 10 PTS terbaik di Indonesia edisi Juli 2020. Adapun indikator yang digunakan untuk sistem pemeringkatan yakni Presence, Visibility, Transparency (or Openness), dan Excellence (or Scholar).

Komponen pertama, Presence, dinilai dari jumlah halaman domain web utama sebuah institusi dengan bobot 5 persen. Kemudian, komponen Visibility dinilai dari jumlah jaringan eksternal yang terhubung ke laman institusi dengan bobot 50 persen.

Komponen ketiga, Transparency (or Opennes) dinilai dari banyaknya kutipan dari 110 authors teratas dengan bobot 10 persen. Komponen terakhir, Excellence, dinilai dari jumlah makalah diantara 10 persen teratas yang paling banyak dikutip selama periode 2013 hingga 2017.

Peguruan Tinggi Swasta Terbaik di Indonesia versi Webometrics

1. Telkom University (Tel-U)

Telkom University sudah dibuka sejak 2013 dan dinyatakan menjadi yang terbaik di Indonesia oleh Kementerian RIset, Teknologi, dan Perguruan Tinggi (Kemenristekdikti) pada tahun 2019.

Didirikan oleh Yayasan Pendidikan Telkom, Tel-U terletak di Bandung, Jawa Barat. Selain menjadi universitas swasta terbaik di Indonesia, Tel-U juga menempati urutan ke-5 di nasional dan peringkat 1.435 di dunia.

2. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY)

Tempat kedua diduduki oleh Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) yang didirikan sejak 1 Maret 1981.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS