alexametrics

Bacaan Doa Sebelum Adzan dan Sesudah Adzan

Rifan Aditya
Bacaan Doa Sebelum Adzan dan Sesudah Adzan
Ilustrasi adzan - Ibrahim al-Masri, muazin dan atlet binaraga dari Acre, Israel, mengumandangkan azan di Masjid Al-Jazzar pada 29 Januari 2019. [AFP/Ahmad Gharabli]

Berikut bacaan doa sebelum adzan dan doa sesudah adzan dalam latin dan artinya.

Suara.com - Umat Islam perlu mengetahui doa sebelum adzan dan sesudah adzan. Berikut ini bacaan doanya dalam latin dan artinya.

Adzan berkumandang setiap hari tanpa henti dipenjuru dunia. Adzan merupakan sebuah tanda apabila telah memasuki waktu sholat wajib.

Dalam sehari adzan dikumandangkan oleh muadzin sebanyak 5 kali yaitu pada saat waktu Subuh, Dzuhur, Ashar, Maghrib dan Isya. Adzan ini bertujuan untuk memberitahukan kepada umat Islam untuk segera melakukan sholat wajib.

Adzan memiliki banyak keutamaan, saat umat Islam membaca doa setelah mendengarkan adzan untuk mendapatkan keberkahan dan kebaikan. Saat setelah mendengarkan adzan dan membaca doa, permohonan yang diinginkan akan dikabulkan, menghapuskan dosa, dan mendapatkan syafaat oleh Allah SWT.

Baca Juga: Tata Cara Wudhu yang Benar

Keutamaan doa setelah adzan yang diriwayatkan oleh Jabir bin Abdullah Ra, Nabi Muhammad SAW bersabda:

"Barang siapa ketika mendengar adzan lalu mengucapkan (doa setelah adzan), maka syafaatku baginya di hari kiamat." (HR. Bukhari).

Umat Islam disunahkan untuk membaca doa sebelum adzan dan doa sesudah adzan dikumandangkan.

Doa Sebelum Adzan:

Subhaanallah walhamdulillah wala ilahaillah wallahuakbar, wala haulawala kuuwata illabillahiladhim, allahummasholli wasallim ‘ala sayyidina muhammadillahu ya kariim.

Baca Juga: Bacaan Doa Iftitah Latin, Terjemahan dan Keutamannya

Arti: "Maha suci Allah, segala puji bagi Allah dan tiada tuhan selain Allah yang maha besar, dan tidak ada daya dan upaya kecuali pertolongan dari Allah, ya Allah, limpahkan kasih sayang kepada junjungan kita Nabi Muhammad yang pemurah."

Doa Sesudah Adzan:

Allaahumma robba haadzihid da’watit taammah, washsholaatil qoo-imah, aati muhammadanil washiilata wal fadhiilah, wasysyarofa, wad darajatal, ‘aaliyatar rofii’ah, wab’atshu maqoomam mahmuudanil ladzii wa’adtah, innaka laa tukhliful mii’aadz.

Artinya: "Ya Allah, Tuhan pemilik panggilan yang sempurna (adzan) ini dan shalat (wajib) yang didirikan. Berilah al-wasilah (derajat di surga), dan al-fadhilah (keutamaan) kepada nabi Muhammad. Dan bangkitkanlah beliau sehingga bisa menempati kedudukan terpuji yang Engkau janjikan."

Itulah doa sebelum adzan dan sesudah adzan yang dianjurkan dibaca oleh para umat Islam.

Kontributor : Muhammad Zuhdi Hidayat

Komentar