Profil Dino Patti Djalal Lengkap dari Pendidikan hingga Karier

Dany Garjito
Profil Dino Patti Djalal Lengkap dari Pendidikan hingga Karier
Wakil Menlu Dino Patti Djalal mengucapkan sumpah jabatan yang dipimpin oleh Presiden Yudhoyono di Istana Negara, Jakarta, Senin (14/7). [Antara/Widodo S. Jusuf]

Berikut profil Dino Patti Djalal lengkap!

Suara.com - Dr. Dino Patti Djalal, M.A. merupakan mantan Wakil Menteri Luar Negeri Indonesia yang menjabat dari 14 Juli 2014 hingga 20 Oktober 2014. Dino Patti Djalal lahir 55 tahun silam di Beograd, Yugoslavia pada tanggal 10 September 1965. Profil Dino Patti Djalal lahir dari keluarga yang berasal dari Ampek Angkek, Agam, Sumatera Barat. Dino lahir dari ayah yang bernama Hasyim Djalal dan ibunya yang bernama Jurni. Ayah Dino Patti Djalal, Hasyim Djalal merupakan seorang diplomat Indonesia ternama. Ia juga memiliki 2 saudara yang bernama Iwan Djalal sebagai eksekutif perusahaan swasta dan Dini Djalal sebagai wartawan di Amerika Serikat. Berikut profil Dino Patti Djalal lengkap!

Pendidikan Dino Patti Djalal

Dino Patti Djalal pernah bersekolah di SD dan SMP Al Azhar, dan kemudian ia pindah ke Amerika Serikat dan melanjutkan pendidikan ke McLean High School. Dino melanjutkan perkuliahannya sarjananya Universitas Carleton, kuliah masternya diraihnya dari Universitas Simon Fraser di Kanada dan melanjutkan gelar doktornya di London School of Economics and Political Science.

Karier Dino Patti Djalal

Dino Patti Djalal menginjakkan kakinya di dunia politik untuk pertama kalinya pada tahun 1987 dengan bergabung dalam Departemen Luar Negeri Republik Indonesia. Dino pernah ditugaskan ke Dili, London dan Washington DC sebelum ditunjuk menjadi Direktur Hubungan Politik Amerika Utara pada tahun 2002. 

Dino Patti Djalal menggantikan Wardana sebagai Duta Besar Republik Indonesia untuk Turki. Ia juga pernah menjadi Duta Besar Indonesia untuk Amerika Serikat. 

Dino dilantik sebagai Duta Besar pada tanggal 10 Agustus 2010 oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Namun, ia mengundurkan diri pada September 2013 untuk mengikuti Konvensi Calon Presiden dari Partai Demokrat.

Selain menjadi seorang diplomat dan politisi Partai Demokrat, Dino juga pernah menulis 5 buku yang berjudul antara lain, The Geopolitics of Indonesia's Maritime Territorial Policy, Transforming Indonesia, Indonesia on the Move, Harus Bisa! dan Energi Positif.

Kritis, Eks Wakil Menlu Dino Patti Djalal Masuk ICU Sebab Covid-19

Ketua Board of Trustees Indonesian Diaspora Network Global Dino Patti Djalal [suara.com/Dian Kusumo Hapsari]
Ketua Board of Trustees Indonesian Diaspora Network Global Dino Patti Djalal [suara.com/Dian Kusumo Hapsari]

Mantan Wakil Menteri Luar Negeri RI Dino Patti Djalal kondisinya kritis karena terinveksi Covid-19. Kabar ini disampaikan oleh Foreign Policy Community of Indonesia (FPCI) besutan Dino dalam siaran persnya.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS