Profil Setyo Budiyanto, Direktur Penyidikan KPK

Rifan Aditya
Profil Setyo Budiyanto, Direktur Penyidikan KPK
BrigjenPol Setyo Budiyanto (ligo.id)

Berikut profil Setyo Budiyanto, Direktur Penyidikan KPK.

Suara.com - Profil Setyo Budiyanto menjadi sorotan setelah baru-baru ini beliau terpilih sebagai Direktur Penyidikan KPK. Dalam pemilihan tersebut, Setyo menyisihkan dua kandidat lain yang juga berasal dari Polri, yakni Kombes Nazirwan Adji Wibowo dan Kombes Didik Agung Widjanarko.

Lantas, sosok seperti apa Direktur Penyidikan Komisi Pemberantasan Korupsi yang baru terpilih ini? Berikut profil Setyo Budiyanto selengkapnya.

Karier Setyo Budiyanto di KPK

Sebelum terpilih sebagai Direktur Penyidikan KPK, Brigadir Jenderal (Brigjen) Pol Setyo Budiyanto tercatat pernah menjabat beberapa posisi lain di lembaga negara tersebut. Beliau diketahui sempat menjabat sebagai Koordinator Supervisi Penindak (Korsupdak) di Deputi Penindak KPK.

Baca Juga: Eks Bupati Bengkalis Amril Mukminin Terima 100.000 Dolar Singapura dari CGA

Barulah sejak Mei lalu, Brigjen Pol Setyo diangkat sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Penyidikan KPK menggantikan Brigjen RZ Panca Putra yang ditarik institusi asal Polri.

Pada saat itu, selain menjabat sebagai Plt Direktur Penyidikan sekaligus Koordinator Wilayah III KPK, nama Setyo Budiyanto juga masuk ke dalam kandidat Direktur Penyidikan KPK bersama dengan 11 nama lainnya. Setelah mengikut beberapa tahapan seleksi, tertanggal 18 September 2020, Brigjen Pol Setyo Budiyanto terpilih sebagai Direktur Penyidikan KPK. Kabar tersebut diketahui dari lembaran surat pimpinan KPK RI Nomor R/1812/KP.01.01-54/09/2020 yang ditandatangani langsung oleh Ketua KPK Firli Bahuri.

Harta Kekayaan Setyo Budiyanto

Berdasarkan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) pada 31 Desember 2019, Setyo Budiyanto memiliki total harta kekayaan sebesar Rp 7,6 miliar. Pada laporan periode sebelumnya, Setyo tercatat memiliki harta kekayaan yang lebih sedikit, yakni Rp 2,9 miliar.

Sebesar Rp 6,7 miliar harta sang Brigjen berbentuk tanah dan bangunan yang berada di Tangerang Selatan, Kota Semarang, dan Kota Makassar.

Baca Juga: Periksa Andi Irfan Hari Ini, Kejagung Datangi Rutan KPK

Sementara itu, kekayaan Brigjen Pol Setyo Budiyanto lainnya berbentuk alat transportasi dan mesin yang mencapai Rp660 juta. Alat transportasi dan mesin tersebut berupa dua mobil (Honda CR-V Jeep dan Toyota Fortuner), dua sepeda motor, dan dua sepeda. Selain itu, Setyo juga tercatat memiliki harta bergerak lain dan kas yang mencapai Rp 65 juta.

Itu dia profil Setyo Budiyanto, Direktur Penyidikan KPK yang baru terpilih.

Kontributor : Theresia Simbolon

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS