Cek Fakta

Cek Fakta adalah bagian dari produk jurnalistik yang dikerjakan khusus oleh tim redaksi Suara.com dengan metode tersendiri. Selangkapnya di sini

CEK FAKTA: Benarkah Hotman Paris Minta Keluarga Cendana Berhati-hati?

Dany Garjito | Farah Nabilla
CEK FAKTA: Benarkah Hotman Paris Minta Keluarga Cendana Berhati-hati?
Cek fakta pernyataan Hotman Paris soal keluarga Cendana dan Cikeas. (Instagram/@hotmanparisofficial)

Sebuah unggahan menyebut bahwa Hotman Paris memperingatkan agar keluarga Cendana dan Cikeas berhati-hati. Benarkah demikian?

Suara.com - Beredar sebuah unggahan yang menyebut bahwa pengacara Hotman Paris mengkhawatirkan keluarga Cendana dan keluarga Cikeas.

Akun Facebook Kopok mengunggah postingan itu pada Minggu (27/9/2020) dengan narasi sebagai berikut:

"Saya khawatir jika Pak Jokowi bila dipancing-pancing emosinya.

Hati-hati saja keluarga Cendana dan keluarga Cikeas, harta gono gini kalianlah jadi pertaruhannya. KPK Intelijen sudah dari 2014 mengumpulkan data dan faktanya.

Baca Juga: Foto Jadul Hotman Paris Bikin Pangling, Dipuji Ganteng

Yaaa tinggal menunggu perintah Presiden saja, langsung eksekusi tanah negara yang dikuasai merek Gawat itu, Saya sudah pasti bela Negara.

Hotman Paris."

Cek fakta pernyataan Hotman Paris soal keluarga Cendana dan Cikeas. (Instagram/@hotmanparisofficial)
Cek fakta pernyataan Hotman Paris soal keluarga Cendana dan Cikeas. (Instagram/@hotmanparisofficial)

Lantas benarkah jika Hotman Paris memperingatkan agar keluarga Cendana dan Cikeas berhati-hati?

Penjelasan

Berdasarkan penelusuran Tim Cek Fakta Suara.com, klaim yang menyebut bahwa Hotman Paris meminta agar keluarga Cendana dan Cikeas berhati-hati adalah klaim yang salah.

Baca Juga: CEK FAKTA: Benarkah Ada Bocoran A1 dari Orang Dalam Mabes Polri soal PKI?

Hotman Paris sendiri telah mengkonfirmasi bahwa unggahan itu bukan merupakan pernyataan dari dirinya. Ia menegaskan bahwa narasi tersebut adalah hoaks.

Melalui akun Instagram-nya, Hotman meminta bahwa orang yang menciptakan berita itu segera diusut.

"Ini berita Bohong! Tangkap para pelaku yang edarkan berita bohong ini!! Hotman tidak tahu tentang selebaran ini," tulis Hotman, Rabu (30/9/2020).

Selain itu, situs Kominfo.go.id juga pernah menjelaskan bahwa narasi dalam unggahan tersebut adalah hoaks pada 28 Juni 2019 lalu.

Kesimpulan

Berdasarkan penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa klaim yang menyebut jika Hotman Paris meminta agar keluarga Cendana dan Cikeas berhati-hati adalah klaim yang salah.

Catatan Redaksi:
Artikel ini merupakan bagian dari konten Cek Fakta Suara.com. Dibuat seakurat mungkin dengan sumber sejelas mungkin, namun tidak mesti menjadi rujukan kebenaran yang sesungguhnya (karena masih ada potensi salah informasi). Lebih lengkap mengenai konten Cek Fakta bisa dibaca di laman ini. Pembaca (publik) juga dipersilakan memberi komentar/kritik, baik melalui kolom komentar di setiap konten terkait, mengontak Redaksi Suara.com, atau menyampaikan isu/klaim yang butuh diverifikasi atau diperiksa faktanya melalui email cekfakta@suara.com.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS