Jejak Abdul Azim Putra Sultan Brunei, Glamor dan Dekat dengan Pesohor

Rendy Adrikni Sadikin | Hikmawan Muhamad Firdaus
Jejak Abdul Azim Putra Sultan Brunei, Glamor dan Dekat dengan Pesohor
Abdul Azim. (Youtube Capture)

Mulai dari Perez Hilton, Pamela Anderson, hingga Mariah Carey.

Suara.com - Pangeran Abdul Azim mengembuskan napas terakhir pada Sabtu (24/10/2020). Sebagai putra ke-dua Sultan Hassanal Bolkiah, ia memiliki sepak terjang yang cukup kontroversial.

Pangeran Pangeran Abdul Azim merupakan buah hati dari Sultan Hassanal Bolkiah dan isteri keduanya yakni Hajah Mariam. Azim Lahir di Bandar Seri Begawan, Brunei pada tanggal 29 Juli 1982.

Sebagai keluarga kerajaan, ia memperoleh fasilitas pendidikan yang tidak biasa. Pangeran Abdul Azim mengenyam pendidikan di Sekolah Internasional Brunei, Raffles Institution, dan Universitas Oxford Brookes.

Azim juga sempat juga mengikuti pelatihan perwira yang harusnya berjalan selama sembilan bulan di Royal Military Academy Sandhurst, namun hanya bertahan selama seminggu.

Baca Juga: 3 Warga Indonesia Positif Corona di Brunei Darussalam

Di satu sisi Pangeran Abdul Azim dikenal sebagai seorang yang peduli terhadap kemanusiaan. Pada tahun 2009, ia membuat sebuah tas dan hasil penjualannya disumbangkan ke badan amal Make A Wish Foundation UK.

Azim juga memberikan dukungannya bagi penderita autis melalui gala amal musik Smarter Brunei pada tahun 2011 dimana 31 pemain autis memamerkan bakat mereka.

Namun, di sisi lain Azim justru dekat dengan publik figur dunia yang mendukung LGBT, ketika sang ayah, Sultan Hassanal Bolkiah, mengumumkan hukuman ranjam bagi kaum LGBT.

Pada April 2019 Brunei mengumumkan bahwa orang-orang yang terlibat dalam perzinaan dan seks sesama jenis akan dilempari batu hingga mati, sesuai dengan interpretasi mereka terhadap hukum Islam.

Namun kebijakan Sultan Hassanal Bolkiah tersebut mendapat kecaman dari berbagai tokoh dunia, antara lain Joe Biden, George Clooney, dan Elton John. Termasuk salah satunya Perez Hilton, blogger sekaligus aktivis LGBT.

Baca Juga: Imbas Corona, Malaysia Larang Kegiatan Tabligh Muslim

Dia mengaku mengenal Azim. Perez Hilton bahkan menuding Pangeran Azim adalah seorang gay. "Saya menduga Sultan Brunei tidak tahu. Saya tahu itu karena pernah bertemu Pangeran Azim," kata Perez di akun YouTube miliknya.

Komentar