facebook

Wamen LHK Sebut Taman Nasional RAW Miliki Fauna Endemik Unik dan Khas

Chandra Iswinarno
Wamen LHK Sebut Taman Nasional RAW Miliki Fauna Endemik Unik dan Khas
Wakil Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Alue Dohong. [Antara]

Kawasan Taman Nasional RAW merupakan salah satu yang paling unik di Indonesia, sehingga dengan keunikan tersebut bisa menjadi ikon wisata baru bagi Sulawesi Tenggara (Sultra).

Suara.com - Taman Nasional Rawa Aopa Watumohai di Kabupaten Konawe Selatan Sulawesi Tenggara (Sulteng) dinilai memiliki fauna endemik yang unik dan memiliki ciri khas tersendiri.

Pernyataan tersebut disampaikan Wakil Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Alue Dohong disampaikannya saat berada di Konawe pada Jumat (13/11/2020).

"TNRAW memiliki fauna endemik yang tidak dimiliki kawasan lain seperti anoa, maleo, rusa timor, monyet sulawesi hingga kura-kura," katanya seperti dilansir Antara.

Bahkan dia mengemukakan, fauna endemik tersebut pernah menjadi bahan peneliti dari Amerika. Selain itu, kawasan Taman Nasional RAW juga dinilai memiliki keunikan karena memiliki empat ekosistem berbeda, yakni rawa, mangrove, savana dan hutan tropis.

Baca Juga: Masak Ayam di Sumber Air Panas, Lelaki Ini Dilarang Masuk Taman Nasional

Menurut Alue, kawasan Taman Nasional RAW merupakan salah satu yang paling unik di Indonesia, sehingga dengan keunikan tersebut bisa menjadi ikon wisata baru bagi Sulawesi Tenggara (Sultra).

Ia berharap keunikan yang ada itu dapat menjadi ciri khas destinasi unggulan bagi Kabupaten Konawe Selatan dan ikon baru bagi Sultra sehingga dukungan dan sinergi antara Balai TNRAW dan pemerintah daerah sangat dibutuhkan untuk mewujudkan keinginan tersebut.

"Terimakasih juga kepada Pemda Konsel yang sudah memberikan dukungannya untuk pembangunan beberapa fasilitas," ujarnya.

Wamen LHK bersama rombongan mengunjungi beberapa titik di Taman Nasional RAW, yakni Pusat Konservasi Rusa dan Mangrove Site. Mereka juga melakukan penanaman pohon di Pusat Konservasi Rusa. (Antara)

Baca Juga: Tagar Save Komodo Trending, Ini Kawasan Terindah di Taman Nasional Komodo

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Komentar