facebook

Resmi Dicopot, Irjen Nana Sudjana Tak Berani Tindak Rizieq Langgar Prokes?

Agung Sandy Lesmana | Muhammad Yasir
Resmi Dicopot, Irjen Nana Sudjana Tak Berani Tindak Rizieq Langgar Prokes?
Kapolda Metro Jaya, Irjen Nana Sujana. (Suara.com/Arga)

Tak hanya Irjen Nana, Kapolda Jawa Barat Irjen Rudy Sufahradi alias Rudy Gajah juga turut dicopot diduga karena tak becus menindak pelanggaran protokol Covid-19.

Suara.com - Irjen Nana Sudjana resmi dicopot dari jabatannya sebagai Kapolda Metro Jaya karena dianggap tak berani menindak pelanggar protokol kesehatan di masa pandemi Covid-19. Diduga, keputusan Kapolri Jenderal Idham Azis itu berkaitan dengan kerumunan massa yang hadir di dalam acara pernikahan putri, Habib Rizieq Shihab di Petamburan, Jakarta Pusat, Sabtu (14/11/2020) lalu.

Tak hanya Irjen Nana, Kapolda Jawa Barat Irjen Rudy Sufahradi alias Rudy Gajah juga turut dicopot diduga karena tak becus menindak pelanggaran protokol Covid-19.

Kadiv Humas Polri Irjen Argo Yuwono pencopotan terhadap kedua jenderal bintang dua itu lantaran tidak melaksanakan perintah dalam menegakkan aturan protokol kesehatan di wilayah hukumnya.

"Bahwa ada dua kapolda yang tidak melaksanakan perintah dalam menegakkan protokol kesehatan maka diberikan sanksi berupa pencopotan, yaitu Kapolda Metro Jaya kedua ada Kapolda Jawa Barat," kata Argo saat jumpa pers di Mabes Polri, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Senin (16/11/2020).

Baca Juga: Usai Kapolda Dicopot, Mabes Polri Mau Periksa Anies Soal Hajatan Rizieq

Jabatan Kapolda Metro Jaya nantinya akan diisi oleh Kapolda Jawa Timur Irjen Fadil Imran. Sedangkan posisi Kapolda Jawa Barat akan diisi oleh Asisten Logistik Kapolri Irjen Ahmad Dofiri.

Anies Mau Diperiksa soal Hajatan Rizieq

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bakal diperiksa Mabes Polri terkait acara resepsi pernikahan putri pentolan FPI Rizieq Shihab di kediamannya, Petamburan, Jakpus, Sabtu (14/11/2020) lalu yang memicu kerumunan massa. 

Rencana pemeriksaan itu juga terjadi setelah Kapolri Jenderal Idham Azis mencopot Kapolda Metro Jaya Irjen Nana Sudjana gegara dianggap tak becut menindak pelanggar protokol Covid-19. 

Kadiv Humas Mabes Polri Irjen Argo Yuwono mengatakan, selain Anies, pihaknya juga berencana memeriksa pejabat lain. Mulai dari RT dan RW setempat kediaman Rizieq hingga Wali Kota Jakarta Pusat.

Baca Juga: Kerumunan Acara Habib Rizieq, Anies Akan Diperiksa Polisi terkait Pidana

"Tindak lanjut penyidik dalam perkara protokol kesehatan atas diselenggarakannya acara resepsi pernikahan putri HRS. Kami mintakan klarifikasi," kata Argo, Senin.

Komentar