alexametrics

Bacaan Doa untuk Ibu, Dapat Dibaca saat Momen Hari Ibu 22 Desember

Rifan Aditya
Bacaan Doa untuk Ibu, Dapat Dibaca saat Momen Hari Ibu 22 Desember
Ilustrasi anak memanjatkan doa untuk ibu

Bagi Anda yang muslim, simak bacaan doa untuk ibu berikut ini.

Suara.com - Momen Hari Ibu jatuh pada Selasa, 22 Desember 2020. Selain memberi ucapan selamat Hari Ibu, kalian juga perlu memanjatkan doa untuk bunda. Bagi Anda yang muslim, simak bacaan doa untuk ibu berikut ini.

Di dalam Al-Qur'an dan hadits, jelas disebutkan tentang perintah untuk menghormati kedua orangtua, terutama Ibu. Salah satu wujud menghormati dan berbakti kepada Ibu adalah dengan membaca doa untuk ibu yang bisa dilakukan setiap hari.

Dalam sebuah hadist yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah Radiyallahu'anhu, Rasulullah pernah ditanya oleh seorang sahabat tentang kepada siapa saja dia harus berbakti. Kemudian Rasulullah menyebut nama Ibu sebanyak tiga kali, sementara ayah hanya satu kali.

BACA JUGA: 40 Ucapan Selamat Hari Ibu 22 Desember

Baca Juga: Selamat Hari Ibu, Beginilah Sejarah Hari Ibu

Bacaan Doa untuk Ibu

Selain doa untuk ibu, bacaan doa ini juga bisa ditujukan untuk bapak. Karena keduanya sama-sama turut andil dalam membesarkan dan mengajarkan ilmu-ilmu yang bermanfaat kepada setiap anaknya. Berikut ini doa untuk ibu dan bapak yang bisa kamu baca:

Rabbighfir l, wa li wlidayya, warham hum kam rabbayn shaghr.

Artinya: "Tuhanku, ampunilah dosaku dan (dosa) kedua orang tuaku. Sayangilah kedua orang tuaku sebagaimana mereka menyayangiku di waktu aku kecil".

Kewajiban Memuliakan Ibu

Baca Juga: Sejarah Hari Ibu di Indonesia

Kewajiban menghormati dan memuliakan orang tua, terutama Ibu merupakan ajaran agama Islam. Pemeliharaan atas kebajikan seperti ini juga merupakan salah satu bentuk bakti kepada Allah SWT. Hal tersebut dapat dilihat di dalam firman Allah berikut ini:

Komentar