alexametrics

3,4 Juta Penerima, Vaksinasi Covid Tahap 2 di DKI Ditarget Selesai 6 Bulan

Agung Sandy Lesmana | Fakhri Fuadi Muflih
3,4 Juta Penerima, Vaksinasi Covid Tahap 2 di DKI Ditarget Selesai 6 Bulan
Ilustrasi---Pemerintah menggelar vaksinasi Covid-19 massal di Istora Senayan, Jakarta Pusat, Kamis (4/1/2021). [Suara.com/Fakhri]

"Mungkin (proses vaksinasi Covid-19) berkisar di 6 bulanan."

Suara.com - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menargetkan vaksinasi tahap kedua rampung dalam waktu enam bulan. Diperkirakan pelaksanaannya akan mulai pada akhir Februrari mendatang.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Dinas Kesehatan DKI Jakarta Dwi Oktavia mengatakan jumlah penerima sejauh ini yang terhitung adalah 3,4 juta penerima. Target waktu yang ditentukan ini menyesuaikan jumlah penerima dan fasilitas vaksinasi.

"Mungkin (proses vaksinasi Covid-19) berkisar di 6 bulanan," ujar Dwi saat dikonfirmasi, Senin (15/2/2021).

Saat pelaksanaan vaksinasi tahap pertama, dari 14 Januari sampai 9 Februari proses vaksinasi telah mencapai 75 persen untuk penyuntikan pertama. 122.379 tenaga kesehatan menjadi sasaran penerima imunisasi ini.

Baca Juga: Jokowi Ancam Warga Penolak Vaksin COVID-19, DPR RI : Apa Gunanya Kita Rapat

Karena itu untuk tahap kedua, pihaknya bakal menambah fasilitas hingga penyuntik vaksin. Dengan cara ini diharapkan target enam bulan bisa terpenuhi.

"Saat ini potensi vaksinator itu, jumlah potensi bidan, perawat, dan dokter di DKI 30 ribu, potensi vaksinator ya. Kalau yang aktif saat ini di 1.900 kalau enggak salah," jelasnya.

Untuk vaksinasi tahap kedua disebut Dwi masih dilakukan pendataan bersama Kementerian Kesehatan. Penerima imunisasi ini merupakan masyarakat yang bekerja di sektor pelayanan publik menjadi sasaran utamanya, mulai dari tenaga pendidik, pedagang pasar, tokoh agama, wakil rakyat, pejabat negara, hingga atlet.

Lalu pekerja di bidang transportasi, seperti sopir bus hingga ojek online, serta aparat keamanan (TNI/Polri dan Satpol PP) juga menjadi prioritas penerima vaksinasi di tahap kedua ini.

Baca Juga: Pekan Depan, 3,4 Juta Warga Jakarta Bakal Terima Vaksin Covid-19 Tahap 2

Komentar