facebook

Resmikan Dua Tol, Jokowi: Ini Memecahkan Kemacetan Lalin di Jakarta

Dwi Bowo Raharjo | Ummi Hadyah Saleh
Resmikan Dua Tol, Jokowi: Ini Memecahkan Kemacetan Lalin di Jakarta
Presiden Jokowi resmikan Tol Kayu Agung-Palembang di gerbang Tol Kramasan, Palembang, Selasa (26/1/2021). (Tangkapan Layar Sekretariat Presiden)

Dua tol yang diresm Jokowi yakni, Tol Serpong-Cinere ruas Serpong - Pamulang dan ruas Tol Cengkareng - Batu Ceper-Kunciran.

Suara.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Tol Serpong - Cinere ruas Serpong-Pamulang sepanjang 6,5 kilometer dan ruas Tol Cengkareng-Batu Ceper-Kunciran sepanjang 14,19 km, pada Kamis (1/4/2021).

Jokowi bersyukur dua ruas Jalan Tol tersebut telah rampung dan bisa digunakan oleh masyarakat.

"Alhamdulilah pada pagi hari ini Jalan Tol Serpong-Cinere ruas Serpong-Pamulang dan Jalan Tol Cengkareng-Batu Ceper-Kunciran telah selesai dan dapat digunakan," ujar Jokowi dalam peresmian.

Jokowi menyebut kedua tol tersebut merupakan bagian dari Jaringan Jalan Tol Jakarta Outer Ring Road (JORR II) dan akan melengkapi struktur jaringan jalan di kawasan metropolitan Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi).

Baca Juga: Mabes Polri Diserang, Jokowi Minta Masyarakat Tenang dan Waspada

Karenanya pengoperasian kedua tol kata Jokowi, akan menjadi alternatif masyarakat khususnya bagi masyarakat Jawa Barat dan Jakarta bagian selatan untuk menuju Bandara Soekarno Hatta.

"Pengoperasian jalan tol ini sangat dinantikan masyarakat, terutama masyarakat Tangerang dan Tangerang Selatan, karena bisa menjadi alternatif khususnya masyarakat Jawa Barat dan Jakarta bagian selatan untuk menuju bandara Soekarno Hatta," ucap dia.

Kedua jalan tol itu kata Jokowi, juga akan melancarkan mobilitas masyarakat dan memecahkan kemacetan lalu lintas yang selama ini menumpuk di Jakarta.

"Jalan Tol ini akan melancarkan mobilitas masyakarat dan memecahkan kemacetan lalu lintas yang selama ini menumpuk di kota Jakarta dan melancarkan mobilitas komuter baik Jakarta maupun kota-kota lain di sekitar Jakarta," kata Jokowi.

"Serta melancarkan distribusi barang ke berbagai kawasan yang dilalui jalan tol ini sehingga menghemat waktu tempuh dan tentu saja menurunkan biaya logistik," Jokowi menambahkan.

Baca Juga: Perang Lawan Teroris, Jokowi ke Polri, TNI dan BIN: Waspada!

Selain itu, Jokowi menyebut Tol Serpong-Cinere ruas Serpong-Pamulang dan ruas Tol Cengkareng-Batu Ceper-Kunciran tak hanya menghubungkan antar wilayah dan antar daerah, melainkan dapat meningkatkan daya saing daerah, membangkitkan ekonomi di kawasan sekitarnya.

"Dan mempercepat pertumbuhan sentra-sentra ekonomi baru dan juga mengembangkan simpul-simpul pertumbuhan ekonomi yang produktif," ucapnya.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu pun meminta pemerintah daerah setempat untuk menjadikan keunggulan dan modal penting dalam menarik investasi. Sehingga dengan banyak investasi yang masuk, akan terbuka lapangan kerja seluas luasnya.

"Saya minta pemerintah daerah menjadikan infrakstukrur ini sebagai keunggulan dan modal penting untuk menarik investasi, lebih banyak investasi yang datang agar lebih banyak usaha-usaha baru yang dikembangkan dan ini akan membuka lapangan kerja yang seluas-luasnya," katanya.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Komentar