alexametrics

Pencarian KRI Nanggala-402, Ditemukan Tumpahan Minyak di Celukan Bawang

Erick Tanjung | Ria Rizki Nirmala Sari
Pencarian KRI Nanggala-402, Ditemukan Tumpahan Minyak di Celukan Bawang
Kapuspen TNI Mayjen Achmad Riad (Suara.com/Tyo)

Tetapi beberapa titik ini, mudah-mudahan dengan beberapa peralatan yang ada bisa segera ditemukan atau dijejaki bahwa itu adalah posisi dari KRI Nanggala 402, kata Riad.

Suara.com - Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) TNI Mayjen TNI Achmad Riad mengatakan kalau kapal selam KRI Nanggala-402 hingga kini belum ditemukan. Namun, ia menyebut ada beberapa temuan yang diharapkan jadi jejak dari kapal selam buatan Jerman tersebut.

Riad menerangkan adanya tumpahan minyak dan daya magnet besar di wilayah kurang lebih 40 km di Utara Celukan Bawang, Buleleng, Bali. Meski tidak dapat dipastikan apakah ada kapal selam Nanggala-402 di situ, tetapi tim pencarian akan terus melakukan pemantauan di wilayah itu dengan memanfaatkan seluruh sumber daya yang ada.

"Jadi, sementara memang sampai saat ini memang belum bisa ditemukan secara pasti. Tetapi beberapa titik ini, mudah-mudahan dengan beberapa peralatan yang ada bisa segera ditemukan atau dijejaki bahwa itu adalah posisi dari KRI Nanggala 402," kata Riad dalam konferensi pers, Jumat (23/4/2021).

Sampai sejauh ini, pihak kepolisian ikut membantu dengan mengerahkan alat pendeteksi benda bawah laut yakni remote operation vehicle (ROV) dan didukung oleh KRI Rigel. Selain itu, Australia juga mengerahkan RHIB dan helikopter untuk mencari kapal selam Nanggala-402.

Baca Juga: KRI Rimau Deteksi Titik Magnet Kuat di Lokasi Hilangnya KRI Nanggala-402

Lima anggota angkatan bersenjata Singapura juga disebutkannya sudah berada di Indonesia dan tengah membantu di KRI Soeharso.

"Kemudian juga tim dari Poseidon yang nanti akan sebagai operator ataupun membantu P-8 Poseidon Amerika dari US Airforce yang mudah-mudahan bisa datang malam atau dini hari nanti, akan membantu proses pencarian, timnya sudah datang di sini tadi untuk berkoordinasi," tuturnya.

Komentar