alexametrics
Cek Fakta

Cek Fakta adalah bagian dari produk jurnalistik yang dikerjakan khusus oleh tim redaksi Suara.com dengan metode tersendiri. Selangkapnya di sini

CEK FAKTA: Benarkah Ini Jenazah Awak KRI Nanggala-402 Gugur?

Reza Gunadha | Hernawan
CEK FAKTA: Benarkah Ini Jenazah Awak KRI Nanggala-402 Gugur?
Cek fakta mayat KRI Nanggala-402 (Turnbackhoax.id).

Klaim yang dibagikan oleh akun Facebook Al Ilmi soal KRI Nanggala-402 ini hoaks. Simak faktanya berikut ini.

Suara.com - Beredar di media sosial, gambar berisi beberapa foto yang diklaim memperlihatkan mayat awak KRI Nanggala-402 gugur. Klaim itu dibagikan oleh akun Facebook Al Ilmi, Rabu (28/4/2021).

Dalam gambar, terdapat foto-foto memperlihatkan satu mayat yang terdampar di tepi sebuah pantai.

Adapun narasi yang dibagikan adalah:

"Mgkn ni mayatx awak RKI Nanggala 402 kshan"

Baca Juga: Video Tabur Bunga Awak KRI Nanggala-402 Gugur, Publik: Sedih dan Merinding

"Ditemukan mayat terdampar di Perairan Selatan Pulau Mandangin yang identitasnya masih belum jelas tetapi jika dilihat dari pakaian yang dikenakan seperti korban awak kapal Nanggala-402, mari bantu sebarkan agar mayat segera dievakuasi".

Lantas benarkah klaim tersebut?

Cek fakta mayat KRI Nanggala-402 (Turnbackhoax.id).
Cek fakta mayat KRI Nanggala-402 (Turnbackhoax.id).

PENJELASAN

Disadur dari Turnbackhoax.id -- Jaringan media Suara.com, Tim CekFakta Tempo menelusuri dengan hasil klaim foto jenazah salah satu Kru KRI Nanggala-402 yang terdampar di Madura tersebut salah.

Faktanya bukan jenazah salah satu awak KRI Nanggala-402 gugur. Hasil otopsi menunjukkan mayat itu diperkirakan berusia 60 tahun dan telah meninggal selama 16 hari (sekitar 11 April 2021).

Baca Juga: Viral Azan Pemuda Berirama Tak Biasa, Suaranya Bikin Geger Satu Kampung

Sementara KRI Nanggala-402 tenggelam pada 21 April 2021, atau enam hari sebelum mayat tersebut ditemukan. Selain itu, Kadispenal Laksamana Pertama Julius Widjojo juga telah memastikan bahwa tidak ada awak KRI Nanggala-402 berusia 60 tahun ke atas.

Catatan Redaksi:
Artikel ini merupakan bagian dari konten Cek Fakta Suara.com. Dibuat seakurat mungkin dengan sumber sejelas mungkin, namun tidak mesti menjadi rujukan kebenaran yang sesungguhnya (karena masih ada potensi salah informasi). Lebih lengkap mengenai konten Cek Fakta bisa dibaca di laman ini. Pembaca (publik) juga dipersilakan memberi komentar/kritik, baik melalui kolom komentar di setiap konten terkait, mengontak Redaksi Suara.com, atau menyampaikan isu/klaim yang butuh diverifikasi atau diperiksa faktanya melalui email cekfakta@suara.com.

Komentar