alexametrics

Alur Vaksinasi Covid-19 Terbaru dengan Sistem 2 Meja

Fitri Asta Pramesti
Alur Vaksinasi Covid-19 Terbaru dengan Sistem 2 Meja
Alur vaksinasi Covid-19 terbaru - petugas medis menyuntikkan Vaksin Sinovac kepada penerima vaksin COVID-19 lansia di Rumah Sakit Gigi dan Mulut Soelastri, Solo, Jawa Tengah, Selasa (13/4/2021). ANTARA FOTO/Maulana Surya

Berikut alur vaksinasi Covid-19 terbaru dengan model 2 meja

Suara.com - Penyederhanaan alur Vaksinasi Covid-19 telah diatur oleh Pemerintah melalui Kementerian Kesehatan (Kemenkes). Tujuannya, untuk menghemat waktu vaksinasi sehingga jauh lebih efisien dan mengurangi kerumunan akibat waktu tunggu yang lama. Lalu, seperti apa penyederhanaan alur vaksinasi Covid-19 terbaru?

Alur Vaksinasi Covid-19 Terbaru

Saat ini alur vaksinasi terbagi menjadi dua meja yang sebelumnya empat meja. Berikut ini alur vaksinasi Covid-19 terbaru dengan sistem 2 meja yang harus dipahami.

Meja 1: dilakukan screening dan vaksinasi

Baca Juga: Alasan Suplemen Vitamin D Wajib Dikonsumsi Pasien Covid-19

Dari ruang tunggu, peserta vaksinasi menuju meja 1. Kemudian peserta melakukan screening kesehatan. Petugas mengisi hasil screening dan vaksinasi di kertas kendali. Jika dinyatakan layak, maka langsung menerima suntikan vaksin di meja ini.

Meja 2: pencatatan dan observasi

Petugas menginput kertas kendali ke dalam Pcare, observasi, dan cetak kartu vaksinasi. Penggunaan Pcare jauh lebih mudah karena hanya memakai satu user dan mengurangi adanya penumpukan sasaran vaksinasi.

Penerapan Alur Vaksinasi Baru

Aktor Nicholas Saputra melakukan vaksinasi Covid-19 di Galeri Nasional Indonesia, Senin (19/4/2021). [Tangkapan Layar YouTube Setkab]
Alur Vaksinasi Covid-19 terbaru - Aktor Nicholas Saputra melakukan vaksinasi Covid-19 di Galeri Nasional Indonesia, Senin (19/4/2021). [Tangkapan Layar YouTube Setkab]

Alur vaksinasi Covid-19 yang telah disederhanakan ini telah diujicobakan di empat provinsi di Indonesia, mulai dari DKI Jakarta, Jawa Tengah, Sulawesi Selatan, dan Sulawesi Utara.

Baca Juga: FDA akan Beri Izin Pfizer untuk Penggunaan Vaksin Covid-19 pada Anak

Sistem terbaru ini juga sudah mulai disosialisasikan kepada seluruh masyarakat Indonesia. 

Komentar