alexametrics

Kantor Pos Kota Bogor Gerak Cepat Salurkan Bantuan melalui Komunitas

Fabiola Febrinastri
Kantor Pos Kota Bogor Gerak Cepat Salurkan Bantuan melalui Komunitas
Ilustrasi pencairan bantuan sosial. (Dok : Kemensos)

Kantor Pos Bogor memastikan telah mematuhi protokol kesehatan.

Suara.com - Untuk mengejar tenggat penyaluran Bantuan Sosial Tunai (BST) menuju 12 Mei 2021, Kantor Pos Kota Bogor bergerak cepat melalui jalur komunitas. Penyaluran dilakukan dengan memberdayakan kantor kelurahan, kecamatan, di sekolah atau lapangan.

“Kami menyampaikan informasi ke pihak kecamatan dan kelurahan, bahwa kami akan melakukan pembayaran BST,” kata Kepala Kantor Pos Bogor Pupung H di Kantor Pos Bogor, Jln Juanda, Kota Bogor, Jawa Barat, baru-baru ini.

Di komunitas, yakni kantor kelurahan, kecamatan, di sekolah atau lapangan, PT Pos Kota Bogor membuka layanan. Dengan strategi jemput bola, diharapkan layanan bisa lebih cepat dan langsung menjangkau masyarakat.

Dalam penyaluran BST, Kantor Pos Bogor memastikan telah mematuhi protokol kesehatan. Teknisnya dilakukan dengan membatasi pelayanan terhadap KPM, yakni sebanyak 600 hingga 700 Keluarga Penerima Manfaat (KPM)/hari untuk mengantisipasi penumpukan.

Baca Juga: Perkuat SDM, Kemensos Konsisten Lakukan Reformasi Birokrasi

Adapun pelayanan melalui komunitas, petugas Kantor Pos juga menerjunkan petugas langsung ke rumah KPM yang sakit, lanjut usia (lansia), atau bahkan yang sedang melaksanakan isolasi mandiri akibat positif Covid-19.

Penyaluran langsung ke rumah KPM dilakukan di luar jadwal utama penyerahan BST.

“Biasanya ada KPM yang sedang sakit atau isoman, atau lansia itu biasanya sesuai informasi kelurahan, atau kecamatan kami lakukan pengantaran ke rumah. Dengan jadwal di luar jadwal utama,” kata Pupung.

Kantor Pos Bogor telah menyalurkan BST tahap 12 dan 13 kepada 121.940 keluarga penerima manfaat (KPM) di wilayah Kota Bogor dan Kabupaten Bogor hingga Senin (03/05). Jumlah tersebut merupakan sebesar 94,75 persen dari total jumlah alokasi 128.694 KPM.

Sementara itu, Juru Bayar Kantor Pos Bogor Taufik Ismail mengatakan dirinya kerap mengantarkan langsung BST ke rumah KPM. Menurut Taufik, banyak KPM yang lansia sudah tidak bisa mengambil BST ke kantor pos maupun komunitas. Dalam penyaluran, petugas Kantor Pos didampingi pihak kelurahan, RT, maupun RW.

Baca Juga: Kemensos Santuni 12 Ahli Waris Korban Longsor di Tapanuli Selatan

"Banyak yang seperti itu semua. Yang lansia semua kita antar, ada yang bisa cuma duduk atau berbaring. Dia enggak bisa kemana-mana, jadi kita antarkan," ucap Taufik.

Komentar