alexametrics

BMKG Ralat Gempa Nias Barat Jadi Magnitudo 6,7

Erick Tanjung | Ria Rizki Nirmala Sari
BMKG Ralat Gempa Nias Barat Jadi Magnitudo 6,7
Titik lokasi gempa Nias Barat, Jumat (14/5/2021). [BMKG]

"Hasil analisis BMKG menunjukkan gempabumi ini berkekuatan M 7,2 yang selanjutnya dilakukan pemutakhiran menjadi M 6,7," kata Bambang.

Suara.com - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika atau BMKG memutakhirkan kekuatan gempabumi yang mengguncang Nias Barat, Sumatera Utara pada Jumat (14/5/2021). Mulanya BMKG mencatat gempabumi berkekuatan magnitudo Magnitudo 7,2, kini diralat menjadi Magnitudo 6,7.

Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG, Bambang Setiyo Prayitno mengatakan gempa tektonik mengguncang wilayah Samudera Hindia Pantai Barat Sumatera. Analisis semua gempabumi berkekuatan Magnitudo 7,2.

"Hasil analisis BMKG menunjukkan gempabumi ini berkekuatan M 7,2 yang selanjutnya dilakukan pemutakhiran menjadi M 6,7," kata Bambang dalam keterangan tertulisnya, Jumat (14/5/2021).

Gempabumi berpusat di koordinat 0,2 Lintang Utara dan 96,69 Bujur Timur. Tepatnya, pusat gempabumi berlokasi di laut pada jarak 125 km arah Barat Daya Kota Lahomi, Kabupaten Nias Barat, Sumatera Utara pada kedalaman 10 km.

Baca Juga: Gempa Susulan Tiga Kali Guncang Nias Barat

Bambang menjelaskan kalau gempabumi yang terjadi merupakan gempabumi dangkal yang berada di zona outer-rise. Hal tersebut sesuai dengan analisis BMKG yang menunjukkan kalau gempabumi tersebut memiliki mekanisme sesar turun.

Guncangan gempabumi dirasakan di Kabupaten Nias, Banda Aceh, hingga Aceh Tengah.

"Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi ini tidak berpotensi tsunami," tuturnya.

Dari catatan BMKG, sejak gempabumi pertama terjadi, setidaknya ada gempabumi susulan yang terjadi sebanyak tiga kali. BMKG mengimbau kepada masyarakat untuk tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu-isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

BMKG juga merekomendasikan masyarakat untuk memeriksa dan memastikan bangunan tidak ada kerusakan akibat getaran gempa sebelum kembali ke rumah.

Baca Juga: Gempa Magnitudo 7,2 Guncang Nias Barat, Warga Berhamburan Keluar Rumah

Komentar