alexametrics

Kunci Lolos Beasiswa LPDP, Perhatikan Syarat-Syarat Ini

Rifan Aditya
Kunci Lolos Beasiswa LPDP, Perhatikan Syarat-Syarat Ini
Kunci lolos beasiswa LPDP - Ilustrasi mahasiswa baru. (Unsplash.com)

Pendaftaran beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) 2021 dibuka mulai 8 Mei 2021. Agar Anda dapat lolos, simak informasi kunci lolos beasiswa LPDP berikut ini.

Suara.com - Pendaftaran beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) 2021 dibuka mulai 8 Mei 2021. Agar Anda dapat lolos, simak informasi kunci lolos beasiswa LPDP berikut ini.

Seleksi di tengah pandemi corona akan dilakukan secara online atau dengan mentaati protokol kesehatan. Beasiswa LPDP 2021 bisa digunakan untuk masa kuliah pada Agustus dan September 2021.

Pendaftar beasiswa LPDP 2021 bisa memilih jurusan apa saja di universitas yang terdapat dalam daftar perguruan tinggi yang menjadi tujuan LPDP. Kendati demikian, LPDP tidak bisa menerima mahasiswa ongoing atau mahasiswa yang akan menempuh S-2 untuk kedua kalinya di jurusan berbeda.

Direktur Beasiswa LPDP, Dwi Larso lewat keterangan resminya menyebutkan ada beberapa kunci untuk lolos beasiswa LPDP. Di tahap awal calon awardee harus memenuhi syarat administrasi mulai umur, IPK, dan kelengkapan dokumen. Kunci selanjutnya yakni kemampuan berjejaring di level global dengan bahasa Inggris.

Baca Juga: Beasiswa Kemdikbud 2021: Kategori dan Cara Pendaftarannya

Kunci lolos beasiswa LPDP selanjutnya yakni memiliki kemampuan akademik unggul yang dibuktikan dengan tes bakat skolastik dan penerimaan di universitas. Terakhir, calon awardee diharuskan memiliki rasa cinta terhadap tanah air dan memiliki sikap kepemimpinan.

Dwi menambahkan tahun ini ada perbaikan teknis dengan tambahan wawancara dan tes tertulis skolastik bagi pelamar Beasiswa Perguruan Tinggi Utama Dunia (PTUD). "Secara esensi sama, dari dulu mencari yang punya (awardee) yang cinta tanah air, punya kepemimpinan, dan akademik unggul, dan bisa menjadi warga dunia dengan kemampuan bahasa Inggris," kata dia.

Pelaksanaan wawancara tersebut akan dilakukan oleh lembaga psikologi profesional dan akademisi untuk wawasan kebangsaan. "Khusus beasiswa kewirausahaan, juga wirausaha akan ikut interview karena lebih tajam dalam mencari putra-putri terbaik yang punya sifat kewirausaahaan tinggi agar sukses dan kembali mengabdi sebagai wirausaha dan membantu pendidikan tinggi dalam hal mengembangkan kewirausahaan," jelasnya.

Apakah Harus Punya LoA?

Dwi menambahkan baik kandidat yang sudah memiliki LoA unconditional maupun belum dari kampus tujuan memiliki kesempatan yang sama untuk mendapatkan beasiswa LPDP.  Kandidat yang sudah lolos seleksi beasiswa LPDP 2021 diberi maksimal 18 bulan untuk mendapat LoA Unconditional dari perguruan tinggi tujuan. Penerima beasiswa Co-Funding juga bakal diprioritaskan mendapatkan LPDP.

Baca Juga: Daftar Universitas Luar Negeri Tujuan LPDP 2021, Harvard hingga Oxford

Kesempatan yang setara juga akan diberikan kepada pelamar beasiswa LPDP jalur afirmasi yakni bagi kalangan keluarga tidak mampu atau penyandang disabilitas.

Komentar