alexametrics

Apa Itu Literasi Digital? Ini Manfaat dan Cara Penerapannya

Rifan Aditya
Apa Itu Literasi Digital? Ini Manfaat dan Cara Penerapannya
Menteri Komunikasi Johnny G. Plate, Direktur Jendral Aplikasi dan Informatika (Aptika) Kementerian Kominfo Samuel A. Pangerapan, Wakil Ketua Siberkreasi Anita Wahid, dan aktor Nicholas Saputra dalam peluncuran Program Literasi Digital Nasional, Kamis (20/5/2021). [Antara]

Kemenkominfo bersiap meluncurkan program Literasi Digital Nasional (Siberkreasi) dengan mengusung tema Indonesia Makin Cakap Digital 2021. Apa itu literasi digital?

Suara.com - Melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) pemerintah bersiap meluncurkan program Literasi Digital Nasional (Siberkreasi) dengan mengusung tema ‘Indonesia Makin Cakap Digital 2021’. Apa itu literasi digital?

Menteri Komunikasi dan Informatika, Johnny G.Plate menyasar 50 juta masyarakat Indonesia untuk mengikuti program Literasi Digital Nasional tanpa biaya ini sampai tahun 2024 mendatang. Sementara di tahun 2021 ini direncanakan akan diadakan 20 ribu program pelatihan berdasar modul dan kurikulum yang menyasar empat pilar literasi digital yaitu etika, keterampilan, digital budaya serta keamanan.

Anda penasaran dengan apa itu literasi digital? Simak penjelasan berikut ini. 

Dilansir dari Seri Buku Literasi Digital Kerangka Literasi Digital Indonesia, literasi digital adalah kemampuan menggunakan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) untuk menemukan, mengevaluasi, memanfaatkan, membuat, dan mengkomunikasikan konten atau informasi dengan kecakapan kognitif maupun teknikal.

Baca Juga: Jokowi Luncurkan Program Literasi Digital Nasional

Literasi digital dianggap sangat penting untuk mengikuti perkembangan di dunia yang semakin maju saat ini. Oleh karena itu, pemerintah mengadakan program gratis Literasi Digital Nasional bagi masyarakat Indonesia.

Selain itu, dengan adanya literasi digital, diharapkan masyarakat pengguna internet selalu bertanggung jawab atas informasi yang mereka peroleh. Termasuk di dalamnya menjaga keamanan data dan privasi mereka di internet.

Berikut beberapa manfaat literasi digital:

  • Memudahkan mencari informasi terkini secara cepat
  • Memperluas jaringan, melalui media sosial kita dapat memperoleh teman baru dari berbagai wilayah bahkan di luar negara Indonesia
  • Mempermudah proses komunikasi, dengan bantuan aplikasi seperti WhatsApp, Line, Facebook Messenger kita dapat dengan mudah membangun komunikasi dengan orang lain
  • Berpikir lebih kritis, kreatif dan inovatif dalam memecahkan suatu masalah

Contoh penerapan literasi digital:

  • Penyediaan kelas virtual seperti yang dilakukan selama pandemi
  • Pengarsipan digital yang lebih menghemat tempat
  • Memanfaatkan media sosial sebagai sarana peningkatan usaha dan kewirausahaan
  • Pembuatan petisi daring sebagai kontrol sosial
  • Mencari pekerjaan

Melihat banyaknya manfaat literasi digital ini tentunya mendorong pemerintah untuk mengajarkannya pada masyarakat Indonesia.

Baca Juga: Besok Kominfo Luncurkan Program Indonesia Makin Cakap Digital 2021

Melalui literasi digital Nasional diharapkan masyarakat dapat mengembangkan literasi dan kecakapan digital dalam berbagai bidang seperti copywriting, Tangkas Digital dan Tular Nalar bersama Google, privasi digital dan keamanan siber, public speaking dan berbagai bidang menarik lainnya.

Komentar