facebook

Kapan Hari Terakhir Puasa Syawal 2021?

Dany Garjito
Kapan Hari Terakhir Puasa Syawal 2021?
Kapan Hari Terakhir Puasa Syawal 2021? (Shutterstock)

Puasa syawal 2021 terakhir pada tanggal ini.

Suara.com - Sudah hampir satu bulan sejak umat muslim merayakan Idul Fitri 2021. Dalam penanggalan hijriah, Idul Fitri jatuh pada 1 syawal. Umat Islam kemudian disunahkan untuk melakukan puasa syawal selama enam hari yang bisa dimulai pada tanggal 2 syawal.

Puasa syawal dapat dilaksanakan secara berurutan atau terpisah-pisah. Namun, mengerjakan dengan berurutan lebih utama karena menunjukkan sikap bersegera dalam melaksanakan kebaikan dan tidak menunda-nunda amal.

Lalu kapan hari terakhir puasa syawal 2021? Bulan syawal 2021 dimulai pada 13 Mei dan akan berakhir pada 11 Juni 2021. Itu berarti batas akhir puasa syawal bagi umat muslim adalah 10 Juni 2021.

Keutamaan puasa enam hari di bulan syawal adalah seperti berpuasa selama satu tahun seperti dalam riwayat hadis berikut, “Siapa saja yang berpuasa Ramadan, kemudian diikuti puasa enam hari bulan Syawal, maka itulah puasa satu tahun” (HR. Ahmad dan Muslim).

Baca Juga: Puasa Sunnah Lengkap: Jenis dan Keutamaan Masing-masing

Dilansir dari NU Online, niat puasa dalam bahasa Arab dapat dibedakan berdasarkan konteks waktunya. Jika seseorang sudah berniat puasa syawal sejak malam harinya, lafal niat yang dapat diucapkan adalah. “Nawaitu shauma ghadin ‘an ada’i sunnatis Syawwali lillâhi ta’ala,” yang artinya aku berniat puasa sunnah syawal esok hari karena Allah Swt.

Jika ada seseorang yang pada malam sebelumnya tidak berniat puasa syawal, kemudian pada pagi atau siang harinya terbersit keinginan berpuasa syawal, lafal niat yang diucapkan adalah, “Nawaitu shauma hadzal yaumi ‘an ada’i sunnatis syawwali lillâhi ta’ala. Artinya, aku berniat puasa sunah syawal hari ini karena Allah Swt.”

Puasa syawal memiliki berbagai keutamaan. Selain seperti berpuasa selama satu tahun, puasa syawal adalah wujud ungkapan syukur kepada Allah Swt. puasa syawal juga menjadi penyempurna ibadah puasa Ramadan. Pasalnya bulan syawal secara harfiah berarti peningkatan. Dengan demikian, ketaatan umat muslim dalam beribadah harus ditingkatkan di bulan ini. Puasa syawal juga bisa menjadi tanda diterimanya amalan pada puasa Ramadan oleh Allah Swt.

Kontributor : Nadia Lutfiana Mawarni

Baca Juga: Puasa Senin Kamis: Tata Cara dan Keutamaan

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Komentar