alexametrics

Beasiswa S2 dan S3 untuk Guru: Rincian Pendanaan, Jadwal dan Syarat

Rifan Aditya
Beasiswa S2 dan S3 untuk Guru: Rincian Pendanaan, Jadwal dan Syarat
Ilustrasi: Beasiswa. (Shutterstock)

Simak jadwal, rincian pendanaan, dan syarat beasiswa S2 dan S3 untuk guru melalui program beasiswa pendidikan Indonesia (BPI) dari Kemdikbud ini.

Suara.com - Kemdikbud membuka kesempatan bagi insan-insan Indonesia untuk mendapatkan pendidikan dengan mudah. Salah satunya program beasiswa S2 dan S3 untuk guru melalui  program Beasiswa Pendidikan Indonesia (BPI). Simak jadwal, rincian pendanaan, dan syarat beasiswa S2 dan S3 untuk guru tersebut.

Dilansir dari laman gtk.kemendikbud.co.id, Program  BPI untuk lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) merupakan program beasiswa Pemerintah Indonesia yang bersumber dari amanat Dewan Penyantun LPDP (Lembaga Pengelola Dana Pendidikan) dan Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. Program tersebut dilaksanakan oleh Kemdikbud melalui Pusat Layanan Pembiayaan Pendidikan (Puslapdik) dan/unit-unit utama di lingkungan Kemdikbud yang didanai oleh LPDP.

Tujuan beasiswa S2 dan S3 untuk guru ini, yakni meningkatkan kemampuan dan kompetensi sumber daya manusia Indonesia untuk mendukung percepatan pembangunan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Selain itu, juga untuk memaksimalkan pemanfaatan Dana Pengembangan Pendidikan Nasional (DPPN) yang ada di LPDP melalui pemberian beasiswa bergelar (degree) untuk jenjang pendidikan S1, S2 dan S3, dan non-gelar (non-degree) bagi Warga Negara Indonesia yang memenuhi persyaratan di perguruan tinggi terbaik di dalam negeri atau di luar negeri.

Baca Juga: Anggaran Kemendikbudristek Dipangkas Sampai Rp 10,52 Triliun

Lantas siapa saja yang boleh mendaftar? Seluruh guru, kepala sekolah, dan pengawas sekolah dengan status pegawai tetap boleh mendaftar beasiswa ini. Utamanya, bagi yang berada dalam satuan pendidikan PAUD, SD, SMP, dan SMA di lingkungan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek). 

Jadwal Beasiswa S2 dan S3 untuk Guru

Jadwal pendaftaran beasiswa BPI telah lama diumumkan. Berikut ini penjelasannya:

  • Pendaftaran beasiswa S2 dibuka sejak 2 Mei 2021 hingga 2 Juni 2021 untuk program magister perguruan tinggi luar negeri.
  • Pendaftaran program magister perguruan tinggi dalam negeri dibuka dari 2 Mei 2021 hingga 30 Juni 2021.
  • Pendaftaran beasiswa S3 dibuka mulai 2 Mei 2021 hingga 30 Juni 2021.

Rincian Pendanaan Beasiswa S2 dan S3 untuk Guru

Rincian pendanaan untuk jenjang S2 dalam maupun luar negeri meliputi hal-hal sebagai berikut

Baca Juga: Pengumuman Beasiswa Kaltim Tuntas 1 Juni, Ada Perubahan dari Sebelumnya

  • Dana pendidikan yang digunakan untuk dana pendaftaran
  • SPP
  • Tunjangan buku yang diberikan per tahun
  • Bantuan tesis, 
  • Bantuan seminar internasional
  • Dana bantuan publikasi jurnal internasional
  • Dana asuransi kesehatan
  • Dana hidup bulanan.

Rincian pendanaan untuk program beasiswa doktoral (S3) meliputi

Komentar