alexametrics
Cek Fakta

Cek Fakta adalah bagian dari produk jurnalistik yang dikerjakan khusus oleh tim redaksi Suara.com dengan metode tersendiri. Selangkapnya di sini

CEK FAKTA: Benarkah Pendiri Facebook Mark Zuckerberg Berjuang Bersama Israel?

Reza Gunadha | Aulia Hafisa
CEK FAKTA: Benarkah Pendiri Facebook Mark Zuckerberg Berjuang Bersama Israel?
Benarkah Pendiri Facebook Mark Zuckerberg Berjuang Bersama Israel? (Turnbackhoax.id)

Beredar informasi bahwa Pendiri Facebook, Mark Zuckerberg Berjuang Bersama Israel. Benarkah?

Suara.com - Beredar postingan di Twitter berupa gambar oleh akun @geetracker. Gambar tersebut merupakan foto Mark Zuckerberg yang membawa plakat bertuliskan “I Stand With Israel”.

Unggahan pada taggal 18 Mei 2021 tersebut beredar di tengah pemberitaan mengenai konflik antara Israel-Palestina yang terjadi sejak 10 Mei lalu.

Lalu benarkah klaim tersebut?

Berdasarkan penulusuran Turnbackhoax.id -- Jaringan media Suara.com, fakta terkait foto Mark Zuckerberg yang membawa plakat bertulisakan “I Stand With Israel” adalah HASIL EDITAN.

Baca Juga: Mengenal Sindrom Treacher Collins, Diidap Kakak Beradik yang Viral di TikTok

Tulisan aslinya adalah “THANKS!”. Foto yang asli beredar di internet sejak tahun 2010. 

Dilansir dari techcrunch.com, CEO Facebook tersebut sedang merayakan pencapaian 500 juta pengguna Facebook pada tahun 2010. 

Benarkah Pendiri Facebook Mark Zuckerberg Berjuang Bersama Israel? (Turnbackhoax.id)
Benarkah Pendiri Facebook Mark Zuckerberg Berjuang Bersama Israel? (Turnbackhoax.id)

Mark membawa plakat bertuliskan “THANKS!” untuk mengucapkan terima kasih kepada para pengguna media sosial dari seluruh dunia yang sudah bergabung dengan Facebook.

Kesimpulan

Berdasarkan data yang terkumpul dapat disimpulkan bahwa, klaim akun @geetracker adalah hoaks dan termasuk kategori Konten yang Menyesatkan.

Baca Juga: Viral Emak-emak Hobi Koleksi Emas, Nggak Terima Kalau Dikatain Pamer

Catatan Redaksi:
Artikel ini merupakan bagian dari konten Cek Fakta Suara.com. Dibuat seakurat mungkin dengan sumber sejelas mungkin, namun tidak mesti menjadi rujukan kebenaran yang sesungguhnya (karena masih ada potensi salah informasi). Lebih lengkap mengenai konten Cek Fakta bisa dibaca di laman ini. Pembaca (publik) juga dipersilakan memberi komentar/kritik, baik melalui kolom komentar di setiap konten terkait, mengontak Redaksi Suara.com, atau menyampaikan isu/klaim yang butuh diverifikasi atau diperiksa faktanya melalui email cekfakta@suara.com.

Komentar