alexametrics
Cek Fakta

Cek Fakta adalah bagian dari produk jurnalistik yang dikerjakan khusus oleh tim redaksi Suara.com dengan metode tersendiri. Selangkapnya di sini

Cek Fakta: Benarkah Gubernur Kalimantan Timur Meninggal Dunia?

Rifan Aditya | Aulia Hafisa
Cek Fakta: Benarkah Gubernur Kalimantan Timur Meninggal Dunia?
Cek Fakta: Benarkah Gubernur Kalimantan Timur Meninggal Dunia (Turnbackhoax.id)

Beredar informasi bahwa mantan Gubernur Kalimantan Timur Faroek Ishak meninggal dunia. Benarkah?

Suara.com - Beredar melalui pesan berantai Whatsapp informasi yang menyebut bahwa mantan Gubernur Kalimantan Timur Faroek Ishak meninggal dunia.

Dalam narasi yang beredar, disebutkan bahwa Faroek meninggal dunia di RSPAD Gatot Soebroto.

Berikut narasi yang beredar:

"Innalillahi Wainnailaihirajiun… semoga Allah Mengampuni Segala dosa dan kesalahan beliau, memberikan yang terbaik serta memberikan kesabaran bagi keluarga beliau… Hari ini wafat Bapak Prof. H. Awang Faroek Ishak di RSPAD Gatot subroto JKT… Waassalaam."

Baca Juga: Berbagai Firasat Buruk yang Dirasakan Ria Ricis sebelum Ayah Meninggal

Lalu benarkah klaim tersebut?

Berdasarkan penulusuran Turnbackhoax.id -- Jaringan media Suara.com, diketahui bahwa informasi meninggalnya Faroek adalah palsu alias hoaks. 

Melansir dari antaranews.com, Kepala Biro Humas Setda Kaltim M Syafranuddin menjelaskan bahwa Faroek saat ini tengah mendapat perawatan setelah sebelumnya menjalani check up di RSPAD Gatot Soebroto.

“Pak Awang, sudah lama tidak check up karena kesibukan beliau sebagai Anggota DPR-RI, kemarin ada kesempatan untuk check up, sehingga check up dan disarankan dokter untuk istirahat dalam beberapa hari,” jelasnya.

Keterangan serupa juga disampaikan oleh Wali Kota Samarinda Andi Harun, yang menuturkan bahwa saat ini kondisi Faroek sudah mulai membaik.

Baca Juga: Viral Ritual Beli Mobil Baru, Ditabur Beras Sampai Dilempari Telur

“AYAHANDA Prof. Dr. AWANG FAROEK ISHAK Alhamdulillah sehat, kontrol dan istirahat karena kecapaian di salah satu RS Jakarta,” tulisnya melalui laman Facebook.

Catatan Redaksi:
Artikel ini merupakan bagian dari konten Cek Fakta Suara.com. Dibuat seakurat mungkin dengan sumber sejelas mungkin, namun tidak mesti menjadi rujukan kebenaran yang sesungguhnya (karena masih ada potensi salah informasi). Lebih lengkap mengenai konten Cek Fakta bisa dibaca di laman ini. Pembaca (publik) juga dipersilakan memberi komentar/kritik, baik melalui kolom komentar di setiap konten terkait, mengontak Redaksi Suara.com, atau menyampaikan isu/klaim yang butuh diverifikasi atau diperiksa faktanya melalui email cekfakta@suara.com.

Komentar