facebook

Satgas: Kasus Aktif Covid-19 Meningkat 12,5 Persen Empat Hari Terakhir

Erick Tanjung | Stephanus Aranditio
Satgas: Kasus Aktif Covid-19 Meningkat 12,5 Persen Empat Hari Terakhir
Ilustrasi Covid-19 (Elements Envato)

Kasus aktif Covid-19 melonjak jauh dari angka kasus aktif terendah yang pernah terjadi pada 18 Mei lalu.

Suara.com - Satuan Tugas Penanganan Covid-19 mencatat ada lonjakan kasus aktif Covid-19 sebesar 12,5 persen di seluruh Indonesia dalam empat hari terakhir, kenaikan ini konsisten terjadi usai libur lebaran.

Ketua Satgas Covid-19 Ganip Warsito mengatakan, angka ini melonjak jauh dari angka kasus aktif terendah yang pernah terjadi pada 18 Mei lalu.

"Kasus aktif saat ini mengalami kenaikan dalam empat hari terakhir sebesar 12,5 persen, dari jumlah terendah kasus aktif yang dimiliki Indonesia per 18 Mei adalah 87.514 menjadi 98.455," kata Ganip dalam Rapat Koordinasi Satgas Covid-19 Nasional, Senin (7/6/2021).

Lima provinsi dengan peningkatan kasus aktif yang signifikan antara lain; DKI Jakarta, Jawa Tengah, Kepulauan Riau, Aceh, dan Sumatera Barat. "Artinya melebihi 1.000 dalam 5 pekan terakhir yaitu, DKI Jakarta, Jateng, Kepri, Aceh, dan Sumatera Barat," sambungnya.

Baca Juga: Update Jumat 4 Juni: Tambah 6.486, Pasien Covid-19 RI Kini Tembus 1.843.612 Orang

Lonjakan kasus ini otomatis mempengaruhi ketersediaan tempat tidur atau bed occupancy rate (BOR) di rumah sakit rujukan Covid-19. Setidaknya ada 7 provinsi yang tempat tidur isolasinya sudah di atas 50 persen, dan 9 provinsi yang tempat tidur ICU-nya sudah di atas 50 persen.

"Persentase BOR isolasi yang diatas 50 persen terjadi di 7 provinsi, yaitu Kepri, Jatim, Jabar, Gorontalo, Sumbar, Riau dan Aceh, dan persentase BOR ICU di atas 50 persen ada 9 provinsi, Riau, Kepri, Jatim, Jabar, Bengkulu, Jambi, Kalbar, Kalsel, dan DIY," paparnya.

Selain itu, Satgas juga memantau ada 20 provinsi yang menunjukkan peningkatan angka kematian yang signifikan dalam lima pekan terakhir.

"Dengan peningkatan kasus aktif dari parameter ini maka kita semua harus benar-benar mewaspadai dan hati-hati dalam melakukan langkah pengendalian lonjakan kasus covid pasca liburan ini," pungkas Ganip.

Baca Juga: Zona Merah Corona Naik jadi 13 Daerah, Pulau Sumatera Paling Tertinggi

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Komentar