alexametrics

Presiden Jokowi Minta 7,5 Juta Warga DKI Divaksin Akhir Agustus, Anies Menyanggupi

Chandra Iswinarno | Fakhri Fuadi Muflih
Presiden Jokowi Minta 7,5 Juta Warga DKI Divaksin Akhir Agustus, Anies Menyanggupi
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. [Suara.com/Fakhri]

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyanggupi permintaan Jokowi untuk mempercepat program vaksinasi bagi masyarakat.

Suara.com - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyanggupi permintaan Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk mempercepat program vaksinasi bagi masyarakat. Sebanyak 7,5 juta warga DKI bakal disuntik vaksin Covid-19 pada akhir Agustus 2021.

Menurut Anies, permintaan Jokowi itu sudah sesuai dengan target pemprov selama ini. Pihaknya akan mengupayakan melalui fasilitas vaksinas dan vaksinator yang mendistribusikan setiap harinya.

"Insya Allah per hari targetkan 100 ribu rata-rata, sehingga di akhir bulan Agustus akan ada 7,5 juta penduduk Jakarta yang sudah mendapatkan vaksin," ujar Anies di Kantor PMI DKI Jakarta, Senin (14/7/2021).

Sejauh ini, dia mengemukakan, sudah ada 2,89 juta orang yang telah divaksin dosis pertama sejak Januari lalu. Dia pun optimis di akhir Agustus ada 4,5 juta orang lagi yang disuntik.

Baca Juga: Rektor Unair: Hasil Uji Spesimen Covid-19 Bangkalan Terindikasi Virus Varian India

"Saat ini vaksinasi di Jakarta sudah mencapai angka 2.890.000 orang yang dapat vaksin. Sudah hampir 3 juta-an. Kita perlu menambah 4,5 juta lagi. Dengan penambahan ini tercapai angka 7,5 juta," tuturnya.

Menurutnya vaksinasi ini menjadi hal yang penting dalam memutus mata rantai penularan Covid-19. Sebab, masyarakat akan terbentuk herd immunity dan mengurangi tingkat penularan.

"Sehingga kita bisa berada dalam situasi insya Allah, herd immunity. Sehingga sekarang ini sudah dibilang 2,9 juta tervaksin. Target di bulan Juni ini 3 juta. Sekarang tinggal 100k lagi akan tercapai targetnya," ucapnya.

Tak hanya itu, vaksinasi juga sangat penting bagi lansia yang memiliki risiko kematian lebih tinggi.

"Banyak orang tua yang terpapar sudah pernah mendapatkkan vaksin. Sehingga tidak mengalami gejala berat," katanya.

Baca Juga: Kimia Farma Tambah Pasokan Swab Antigen di Indonesia

Sebelumnya, Jokowi memberi target kepada Gubernur DKI Anies Baswedan bahwa 7,5 juta penduduk di Jakarta harus sudah tervaksinasi di akhir Agustus 2021.

Komentar