alexametrics

Bawa Ransel Berisi Gepokan Uang, Pria di Jepang Sumbang Dana Segar untuk Pemerintah

Reza Gunadha | Rima Suliastini
Bawa Ransel Berisi Gepokan Uang, Pria di Jepang Sumbang Dana Segar untuk Pemerintah
Ilustrasi uang (unsplash.com/Mufid Majnun)

Pria misterius itu menyerahkan ransel berisi dana segar kepada pejabat kota pada pukul 14:15 di hari Senin.

Suara.com - Seorang pria tua di Jepang membawa ransel berisi gepokan uang tunai sebesar 60 juta yen (Rp 7,9 miliar) sebagai sumbangan anonim ke balai kota Yokosuka di Prefektur Kanagawa pada hari Senin.

Menurut laporan, pria yang berusia sekitar 70 hingga 80-an tahun itu menyerahkan ransel berisi dana segar kepada pejabat kota pada pukul 14:15 di hari Senin.

Menyadur Union Leader Jumat (18/06), pria itu mengatakan pada pejabat pemerintah tentang sebuah pesan di dalam tas ransel. “Ada surat di dalamnya. Anda akan mengerti ketika Anda melihatnya.”

Setelah pria itu pergi, petugas memeriksa ransel dan menemukan 12 bungkus uang tunai masing-masing 5 juta yen, dibungkus dengan selebaran.

Baca Juga: Jepang Cabut Status Darurat COVID-19, Penonton Olimpiade Tokyo Dibatasi 10 Ribu Orang

Setiap paket berisi lima bundel 1 juta yen, dibungkus dengan pita kertas dari bank.

Ilustrasi uang tabungan. (Shutterstock)

“Ini adalah tabungan saya yang saya mulai ketika saya masih kelas satu. Silakan gunakan untuk sesuatu. Saya akan menyumbangkannya.”

Surat itu dengan jelas menyatakan keinginannya untuk tidak disebutkan namanya dan pihak pemerintah kota akan memperlakukan uang itu sebagai sumbangan.

“Saya sangat terkejut dan bersyukur bahwa saya tidak tahu harus berkata apa. Saya ingin memikirkan dengan hati-hati bagaimana uang itu harus digunakan dalam situasi sosial seperti itu,” kata Wali Kota Yokosuka Katsuaki Kamiji.

Baca Juga: Inspiratif, Ini Sosok Wanita 90 Tahun yang Jadi Instruktur Fitness Tertua di Jepang

Komentar