alexametrics

Kumpulan Doa Lancar Ujian dan Artinya, Agar Diberi Kemudahan

Rifan Aditya
Kumpulan Doa Lancar Ujian dan Artinya, Agar Diberi Kemudahan
Doa lancar ujian - Ilustrasi ujian nasional / sekolah (pixabay)

Berikut ini kumpulan doa lancar ujian yang bisa dihafalkan dan diamalkan menjelang ujian dikutip dari Al Quran dan Al Hadist.

Suara.com - Sebelum menghadapi ujian, selain mempersiapkan kematangan fisik dan materi, perbanyaklah berdoa kepada Allah SWT. Doa lancar ujian menjadi hal spiritual yang pokok dilakukan untuk mendapat hasil memuaskan terbaik dari Allah.

Meskipun tidak tercantum doa ketika menghadapi ujian, namun umat Islam dapat mengutip bacaan dan doa-doa yang mengandung makna meminta kemudahan kepada Allah SWT. Berikut ini kumpulan doa lancar ujian yang bisa dihafalkan dan diamalkan menjelang ujian dikutip dari Al Quran dan Al Hadist.

Kumpulan Doa Lancar Ujian

1.       Doa agar diberi kemudahan saat mengerjakan ujian

Baca Juga: Doa Dijauhkan dari Musibah: Bacaan Latin dan Artinya

ALLAAHUMMA LAA SAHLA ILLAA MAA JA’ALTAHU SAHLAN WA ANTA TAJ’ALUL HAZNA IDZAA SYI’TA SAHLAN

Artinya : “Ya Allah, tidak ada kemudahan kecuali apa yang Engkau jadikan mudah. Sedang yang susah bisa Engkau jadikan mudah, apabila Engkau menghendakinya.” (Shahih Ibnu Hibban no. 2427; Syaikh ‘Abdul Qadir Al Arna’uth menyatakan shahih dalam Takhrij Al Adzkar hal. 106)

2.       Doa agar terhindar dari kesulitan

RABBI YASSIR WA A’IN WA LAA TU’ASSIR

Artinya: “Wahai Tuhanku, mudahkanlah urusanku, bantulah aku, dan jangan Engkau persulit” (dalam Raudhatut Thalibin karya Imam An-Nawawi)

Baca Juga: Doa Sebelum Ujian dan Artinya, Baca Agar Lancar Mengerjakan Soal

3.       Doa saat ujian berlangsung

Komentar