alexametrics

Idul Adha saat PPKM Darurat, Eks Menag Perkirakan Banyak Masjid Tak Bagikan Daging Kurban

Reza Gunadha | Aprilo Ade Wismoyo
Idul Adha saat PPKM Darurat, Eks Menag Perkirakan Banyak Masjid Tak Bagikan Daging Kurban
Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin di Istana Bogor. (Suara.com/Ummi H.S).

Lukman Hakim Saifuddin: Banyak masjid diperkirakan tak adakan shalat Idul Adha.

Suara.com - Mantan Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin menyebut pandemi Covid-19 semakin dhsyat belakangan ini. Ia lantas mengaitkannya dengan peringatan Idul Adha yang kelak akan jatuh di hari terakhir penerapan PPKM darurat.

Lewat sebuah cuitan yang diunggah di akun Twitternya, Jumat (2/7/2021) Lukman Hakim memperkirakan bahwa akan ada banyak masjid yang tak menggelar shalat Idul Adha.

Ia juga memperkirakan di peringatan hari raya Idul Adha 1142 H yang jatuh pada tanggal 20 Juli 2021 tersebut, banyak masjid tak mengadakan pembagian daging kurban.

"Pandemi kian dahsyat kini. Banyak masjid diperkirakan tak adakan shalat Idul Adha dan pembagian daging qurban tahun ini," tulis Lukman Hakim Saifuddin dalam cuitannya, seperti dikutip suara.com, Jumat (2/7/2021).

Baca Juga: Besok, 9 Daerah di Bali PPKM Darurat COVID-19, Semua Tempat Wisata Ditutup

Ia lantas memberikan saran bagi umat Islam yang biasa berkurban, untuk menyalurkan bantuan ke orang-rang sekitar. Terlebih bagi mereka yang terdampak Covid-19.

"Bagi yang terbiasa ber-qurban, mari salurkan bantuan ke sekitar kita, khususnya ke mereka yang terdampak akibat Covid-19," lanjutnya.

Cuitan mantan Menag soal Idul Adha 2021 (twitter)
Cuitan mantan Menag soal Idul Adha 2021 (twitter)

Melihat cuitan tersebut, beberapa warganet lantas menuliskan komentar. Salah satu dari mereka memprotes saran dari Lukman Hakim.

Warganet tersebut menilai kurban tak bisa disamakan atau digantikan dengan bantuan terhadap orang-orang yang terdampak Covid-19.

"Mana ada begitu? kurban ya kurban, bantuan covid ya beda lagi, aneh banget pemikirannya," tulis salah seorang warganet.

Baca Juga: Salat Idul Adha Berjamaah di Luar PPKM Darurat Cuma di Zona Hijau - Kuning

Meskipun begitu, protes tersebut segera ditanggapi oleh Lukman Hakim.

Komentar