alexametrics

Viral Warga Bergantian Pakai Bilik Sauna untuk Imunitas, dr Faheem Younus: Nol Manfaat

Dany Garjito | Aprilo Ade Wismoyo
Viral Warga Bergantian Pakai Bilik Sauna untuk Imunitas, dr Faheem Younus: Nol Manfaat
Cuitan dr. Faheem Younus soal bilik sauna warga Jaksel (twitter)

"Tolong jangan lakukan itu."

Suara.com - Dokter asal Amerika Serikat Faheem Younus yang terkenal karena cuitan-cuitan berbahasa Indonesia kembali menyita perhatian publik lewat sebuah cuitan yang ia unggah baru-baru ini.

Dalam cuitan yang diunggah Sabtu (17/7/2021) tersebut, dr. Faheem mengomentari sebuah video yang memperlihatkan sejumlah orang Indonesia membangun sauna untuk imunitas.

Berdasarkan info di video viral, tampak warga Lenteng Agung, Jagakarsa, Jakarta Selatan bergantian masuk ke dalam bilik sauna yang dibuat oleh ketua RT dan pemuda setempat.

Sauna tersebut menggunakan uap dari rebusan rempah-rempah. Salah seorang warga bahkan mengaku tubuhnya menjadi segar dan nafasnya lebih lega setelah masuk bilik sauna.

Baca Juga: Rugi Puluhan Miliar hingga PHK 7 Ribu Pekerja, Begini Kondisi Mal di Sumut

Bilik sauna berbahaya dan berpotensi menimbulkan penularan

INFOGRAFIS: Beda Gejala Pasien Covid-19 Ringan, Sedang, dan Berat
INFOGRAFIS: Beda Gejala Pasien Covid-19 Ringan, Sedang, dan Berat

Melihat video tersebut, dr. Faheem memberikan imbauan agar aktivitas sauna seperti dalam video tak dilakukan lagi. Menurutnya, sauna tersebut tak memiliki manfaat.

Lebih lanjut ia menjelaskan aktivitas tersebut justru berbahaya dan berpotensi menimbulkan penularan karena para warga tak mengenakan masker.

"Manfaat Nol. Tapi itu bisa menyebarkan virus lebih lanjut di lingkungan tanpa masker dan aerosol ini. Tolong jangan lakukan itu," tulisnya seperti dikutip suara.com, Sabtu (17/7/2021).

Para warganet yang melihat cuitan tersebut lantas menuliskan beragam komentar. Sebagian besar dari mereka kagum dengan sosok dr. Faheem yang sangat peduli dengan persoalan Covid-19 di Indonesia.

Baca Juga: Ratusan Warga Indonesia Mulai Laksanakan Ibadah Haji, KJRI Jeddah Terus Pantau

Ada juga beberapa warganet yang menyoroti aksi para warga membuat sauna untuk meningkatkan imunitas.

Komentar