alexametrics

Bela Palestina, Judoka Aljazair Tolak Bertanding dengan Israel

Reza Gunadha | Rima Suliastini
Bela Palestina, Judoka Aljazair Tolak Bertanding dengan Israel
Ilustrasi bendera Palestina (Shutterstock).

Judoka ini membela Palestina dan tegas menolak pertandingan melawan Israel.

Suara.com - Seorang atlet judo asal Aljazair yang bernama Fethi Nourine diskors dan dipulangkan dari arena Olimpiade karena menolak bertanding dengan atlet Israel.

Menyadur Japan Times MInggu (25/06), Nourine diskors oleh Federasi Judo Internasional pada hari Sabtu setelah menolak hasil undian yang menyatakan ia harus bertanding dengan Israel.

Fethi Nourine dan pelatihnya Amar Benikhlef memberikan pernyataan individu kepada media tentang pengunduran diri mereka dari ajang Olimpiade Tokyo.

Mereka mengatakan keputusan itu diambil untuk menghindari atlet dari Israel, kata IJF dalam sebuah pernyataan dan melanjutkan bahwa ini bertentangan dengan filosofi Federasi Judo Internasional.

Baca Juga: Potret Liburan Windy Cantika, Penyumbang Medali Pertama RI di Olimpiade Tokyo 2020

“IJF memiliki kebijakan non-diskriminasi yang ketat, mempromosikan solidaritas sebagai prinsip utama, diperkuat oleh nilai-nilai judo,” katanya.

Logo Olimpiade 2020 Tokyo dipajang di luar Stasiun Tokyo, Jepang. [Charly TRIBALLEAU / AFP]
Logo Olimpiade 2020 Tokyo dipajang di luar Stasiun Tokyo, Jepang. [Charly TRIBALLEAU / AFP]

Komite Olimpiade Aljazair menarik akreditasi untuk atlet juga pelatihnya dan akan mengirim mereka pulang, menerapkan sanksi yang sesuai, kata IJF.

Pada hari Jumat, Nourine mengatakan kepada media Aljazair bahwa dukungan politiknya yang membela perjuangan Palestina membuatnya tidak mungkin untuk bersaing dengan Tohar Butbul dari Israel.

Judoka 30 tahun itu menghadapi pemain Sudan Mohamed Abdalrasool pada Senin dalam pertandingan pertamanya di kelas 73 kg putra. Ia akan bertanding melawan Butbul di babak berikutnya.

Nourine sebelumnya juga mengundurkan diri dari kompetisi untuk menghindari menghadapi lawan Israel. Dia menarik diri dari kejuaraan dunia 2019 di Tokyo karena alasan yang sama.

Baca Juga: Sumbang Medali Pertama untuk Indonesia di Olimpiade Tokyo, Ini Profil Windy Cantika

Konflik Israel-Palestina berkobar lagi tahun ini memicu bentrokan lintas perbatasan. Atlet dari negara lain, termasuk Iran dan Mesir, juga di masa lalu menolak untuk bersaing dengan orang Israel.

Komentar