alexametrics

Soal Kapan Pandemi Berakhir, Menkes Budi: Terus Terang Saya Enggak Tahu

Chandra Iswinarno | Ummi Hadyah Saleh
Soal Kapan Pandemi Berakhir, Menkes Budi: Terus Terang Saya Enggak Tahu
Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin / [Sekretariat Presiden]

Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengaku tidak bisa memastikan kapan Pandemi Covid-19 akan berakhir.

Suara.com - Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengaku tidak bisa memastikan kapan Pandemi  Covid-19 akan berakhir.

Bahkan, mantan Wamen BUMN ini menyatakan tidak ada yang bisa memprediksi berakhirnya pandemi.

"Banyak orang bertanya ke saya kapan pandemi ini akan berakhir? Terus terang saya nggak tahu dan saya lihat banyak orang bikin prediksi yang lalu nggak pernah ada yang benar juga," ujar Budi dalam jumpa pers, Senin (26/7/2021).

Namun kata Budi, pandemi akan berakhir jika masyarakat disiplin untuk menjalankan protokol kesehatan.

Baca Juga: Obat COVID-19 Kosong di Apotek, Menkes Sebut Permintaan Meningkat 12 Kali Lipat

Sehingga kata Budi dengan disiplin protokol kesehatan, dapat menekan pengendalian covid-19, mengurangi angka kematian hingga mengurangi beban tenaga kesehatan. 

"Pandemi ini saya lihat akan berakhir itu tergantung kita. Kalau kita disiplin menjalankan protokol  kesehatan yang 5 M, otomatis virus ini akan makin menurun penularannya dan yang masuk rumah sakit akan makin sedikit dan yang wafat pun akan makin sedikit, dokter dan perawat pun akan makin ringan bebannya," tuturnya.

Lebih lanjut, Budi menyebut, Bangsa Indonesia sudah 75 tahun merdeka dan sudah jatuh bangun berpuluh kali, namun bisa kembali bangkit. 

"Bangsa Indonesia itu sudah menghadapi kesulitan yang jauh lebih rumit dari ini, kita nggak pernah putus asa, selalu bisa mengatasi ini dan semua kesulitannya bisa kita atasi asal kita lakukannya bersama-sama," katanya.

Mantan Dirut Bank Mandiri ini juga mengatakan, sesuai arahan Presiden Joko Widodo, bahwa pandemi akan selesai, jika masyarakat bersama-sama secara nasional mengatasinya.

Baca Juga: Gegara Covid-19, Menkes Ungkap Permintaan Obat Naik 12 Kali Lipat

"Kita tidak saling menyalahkan, kita tidak saling curiga, kita tidak saling menuduh tapi kita menggabungkan semua energi sosial kita untuk mengatasi pandemi itu sesuai dengan arahan beliau," katanya. 

Komentar