alexametrics

Apa Penyebab Sertifikat Vaksin Tidak Muncul saat Dicari?

Rifan Aditya
Apa Penyebab Sertifikat Vaksin Tidak Muncul saat Dicari?
Ilustrasi penyebab sertifikat vaksin tidak muncul - Calon penumpang Kereta Api Jayabaya tujuan Malang menunjukan kartu vaksinasi di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Senin (5/7/2021). [ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A]

Berikut penyebab sertifikat vaksin tidak muncul dan solusinya.

Suara.com - Program vaksinasi covid-19 secara bertahap terus dilakukan. Setelah resmi mendapat dua dosis, maka seorang akan menerima sertifikat vaksin, namun sayangnya muncul masalah. Apa penyebab sertifikat vaksin tidak muncul?

Sertifikat vaksin covid-19 dapat diperoleh di laman PeduliLindungi. Namun beberapa orang menemukan masalah sertifikat vaksin tidak muncul.

Beberapa kasus sertifikat vaksin yang diberikan ini tidak muncul ketika dicari atau dipindai kodenya. Sehingga menjadi masalah untuk beberapa orang.

Sertifikat yang benar ini sebenarnya bisa muncul dan diunduh dari PeduliLindungi.id. Namun beberapa orang menemui masalah kegagalan pada proses pengunduhan, atau bahkan sertifikat miliknya tak dapat ditemukan di situs resmi tersebut.

Baca Juga: Cara Daftar Vaksinasi Merdeka Khusus Warga Jakarta 1-17 Agustus 2021

Penyebab Sertifikat Vaksin Tidak Muncul

Sebenarnya beberapa hal bisa jadi penyebab atas kegagalan pengunduhan dan penemuan sertifikat vaksin ini.

a. Nomor Handphone Tidak Terdata

Salah satu penyebabnya adalah bahwa peserta vaksinasi tidak melakukan pendaftaran nomor handphone sehingga data yang dimasukkan tidak lengkap. Atau, nomor yang didaftarkan sudah tidak aktif.

b. Proses input data belum selesai  

Baca Juga: Anies Baswedan Ingatkan Pentingnya Vaksinasi, Sebut Berhasil Tekan Angka Kematian Covid-19

Penyebab kedua adalah bahwa data peserta vaksinasi masih dalam proses input ke dalam sistem satudata. Hal ini sering terjadi ketika peserta vaksin, masyarakat dalam hal ini, baru melakukan pendaftaran dan menerima satu dosis vaksin saja. Memang proses input dan integrasi data bisa memakan sedikit waktu.

Komentar