alexametrics

Wagub DKI Tunggu Keputusan Jokowi Soal Perpanjang atau Tidak PPKM Level 4

Dwi Bowo Raharjo | Fakhri Fuadi Muflih
Wagub DKI Tunggu Keputusan Jokowi Soal Perpanjang atau Tidak PPKM Level 4
Wagub DKI Jakarta Ahmad Riza Patria di Balai Kota Jakarta, Selasa (29/12/2020). [ANTARA/Livia Kristianti]

"Pemprov nanti akan mengikuti, menyesuaikan kebijakan sesuai dengan kewenangan."

Suara.com - Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 4 di Jakarta Senin (2/8/2021) terakhir. Belum ada pengumuman lebih lanjut apakah regulasi ini akan dilanjutkan atau tidak.

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengatakan nasib PPKM akan dilanjutkan atau tidak bakal segera diumumkan Presiden Joko Widodo. Ia meminya masyarakat bersabar dan menunggu keputusannya.

"Saya tidak ingin mendahului, kita tunggu hari ini pak Jokowi akan mengumumkan PPKM Level 4 diperpanjang atau tidak," ujar Riza di Balai Kota DKI Jakarta, Senin (2/8/2021).

Riza memastikan Pemprov DKI bakal mengikuti keputusan yang diambil oleh pemerintah pusat. Jika memang harus diperpanjang, maka ia siap menjalankannya.

Baca Juga: Ganda Putri Greysia / Apriyani Sumbang Emas Olimpiade, Wagub DKI: Pahlawan Kita Semua

"Pemprov nanti akan mengikuti, menyesuaikan kebijakan sesuai dengan kewenangan," jelasnya.

Nantinya akan ada aturan rincinya soal penerapan PPKM. Mengenai pelonggaran atau pengetatannya, akan diatur dalam regulasi yang dibuat.

"Kalau diperpanjang seperti apa, pelonggaran yang akan diberikan atau pengetatannya seperti apa, kita tunggu saja," pungkasnya.

Sebelumnya, jumlah kasus pasien positif terjangkit Covid-19 di Jakarta terus bertambah. Pada Jumat (30/7/2021), ada 2.701 orang lagi dilaporkan terjangkit virus yang pertama kali ditemukan di China itu.

Total akumulasi seluruh pasien positif Covid-19 berjumlah 817.354 orang. Jumlah pasien ini tersebar dari seluruh wilayah ibu kota.

Baca Juga: Ucapan Selamat Presiden Jokowi ke Greysia/Apriyani: Ini Kado Ulang Tahun Kemerdekaan RI

Angka penambahan harian yang dilaporkan kembali menunjukan penurunan dibandingkan satu bulan terakhir. Kasus Covid-19 beberapa kali memecahkan rekor hingga terus berada di atas 10 ribu kasus.

Rekor laporan penambahan Covid-19 dalam satu hari adalah 14.583 kasus pada Selasa (27/7/2021) lalu.

Data ini diketahui dari situs penyedia informasi seputar corona di DKI, corona.jakarta.go.id. Laman ini menginformasikan soal kasus corona di Jakarta mulai dari jumlah positif, menunggu hasil, hingga Kelurahan tempat pasien tinggal.

Berdasarkan laman tersebut, 789.261 orang dinyatakan sudah sembuh sejak awal pandemi. Jumlahnya bertambah sebanyak 4.593 orang sejak Sabtu (31/7/2021).

Sementara, 12.209 orang lainnya secara akumulasi dinyatakan meninggal dunia sejak awal pandemi. Artinya ada penambahan 74 orang sejak kemarin.

Sedangkan sampai saat ini masih ada 6.485 orang yang sedang menjalani perawatan di Rumah Sakit. Lalu 9.399 orang tengah diisolasi di fasilitas kesehatan atau mandiri.

Dengan demikian, maka sampai saat ini masih ada 15.884 kasus aktif Covid-19 di ibu kota yang sedang berjuang untuk sembuh.

Komentar