alexametrics

Inggris Izinkan Turis dari AS dan UE Masuk Tanpa Karantina, Ini Syaratnya

Rendy Adrikni Sadikin | Hikmawan Muhamad Firdaus
Inggris Izinkan Turis dari AS dan UE Masuk Tanpa Karantina, Ini Syaratnya
Ilustrasi bandara. (Unsplash/cuttersnap)

Aturan terbaru itu berlaku mulai Senin (2/8/2021).

Suara.com - Turis dari Amerika Serikat dan Uni Eropa yang sudah mendapat dua dosis vaksin Covid-19 diperbolehkan masuk Inggris tanpa harus menjalani karantina.

Menyadur Sky News, Selasa (3/8/2021) aturan baru tersebut mulai berlaku pada pukul Senin (2/8/2021) pukul 04.00 pagi waktu setempat.

"Kami membantu menyatukan kembali orang-orang yang tinggal di AS dan negara-negara Eropa dengan keluarga dan teman-teman mereka di Inggris." jelas Grant Shapps, Menteri Transportasi Inggris.

Kementerian Transportasi Inggris menambahkan bahwa aturan tersebut berlaku di Inggris, Skotlandia, Wales, dan Irlandia Utara.

Baca Juga: Dinkes Aceh Ungkap Penyebab Mahasiswi Lumpuh Usai Disuntik Vaksin Sinovac

Pelancong yang datang dari AS wajib menunjukkan bukti kartu vaksin, sedangkan dari UE harus membawa kartu hijau yang menunjukkan status vaksinasi.

Paul Charles, kepala eksekutif konsultan perjalanan The PC Agency mengatakan jika aturan terbaru itu sangat penting untuk memulihkan kondisi ekonomi.

"Ini akan membantu menyelamatkan ekonomi, khususnya sektor pariwisata. Pengunjung yang masuk memberikan miliaran pound dan mereka dapat disambut dengan aman," jelas Paul Charles.

"Ini adalah kabar baik terutama bagi maskapai kami yang perlu mengisi kursi mereka di seberang Atlantik." sambungnya.

Kapal-kapal pesiar internasional dari Inggris juga sudah diizinkan untuk kembali berlayar, setelah terpaksa beristirahat selama 16 bulan.

Baca Juga: Mahasiswi Lumpuh usai Divaksin, Kadinkes Beri Penjelasan

Aturan terbaru itu tidak berlaku bagi pelancong dari Prancis. Mereka masih harus menjalani karantina meskipun sudah divaksin secara penuh.

Komentar