alexametrics

Harimau Ragunan Positif Covid-19, Satgas Tegaskan Tidak Menular ke Manusia

Erick Tanjung | Stephanus Aranditio
Harimau Ragunan Positif Covid-19, Satgas Tegaskan Tidak Menular ke Manusia
Juru Bicara Satgas Covid-19 Wiku Adisasmito (Foto: Istimewa)

"Penting untuk diketahui tidak ada bukti yang menunjukkan bahwa hewan yang terinfeksi covid19 dapat menularkan virus ke manusia," kata Wiku.

Suara.com - Juru Bicara Satgas Covid-19 Wiku Adisasmito menegaskan, hingga saat ini belum ada bukti ilmiah yang kuat terkait kemungkinan hewan positif Covid-19 menularkan ke manusia.

Wiku menyebut dua Harimau yang terkonfirmasi positif Covid-19 di Taman Margasatwa Ragunan, Jakarta Selatan sudah dirawat dengan baik.

"Penting untuk diketahui tidak ada bukti yang menunjukkan bahwa hewan yang terinfeksi covid19 dapat menularkan virus ke manusia," kata Wiku dalam jumpa pers virtual, Selasa (3/8/2021).

Dia mengungkapkan hingga saat ini saat ini tercatat ada 500 kasus Covid-19 pada 10 spesies hewan di 30 negara.

Baca Juga: Satgas Covid-19: Warga Belum Vaksin Kurangi Kontak dengan Hewan Peliharaan

"Masyarakat pemilik hewan peliharaan dihimbau untuk tidak panik dan selalu merawat dan memenuhi kesejahteraan hewan peliharaanya," ucapnya.

Wiku juga meminta warga yang belum divaksin agar tidak banyak berinteraksi dengan hewan peliharaan untuk menghindari penularan dari manusia ke hewan.

"Hindari kontak dengan hewan peliharaan ketika sedang terinfeksi covid, kurangi kontak hewan dengan orang yang belum divaksin serta periksakan hewan peliharaan ke dokter hewan apabila menunjukkan gejala," tuturnya.

Beberapa hari terakhir, Indonesia dihebohkan dengan dua Harimau yang terkonfirmasi positif Covid-19 di Taman Margasatwa Ragunan, Jakarta Selatan.

Harimau Sumatera bernama Hari dan Tino itu harus menjalani isolasi mandiri di tempatnya setelah sempat sesak nafas, bersin, keluar lendir dari hidung, dan nafsu makan menurun.

Baca Juga: Dua Harimau Sumatera Positif COVID-19, Peneliti Sebut Belum Ada Penularan Virus ke Manusia

Komentar