alexametrics

Wagub DKI Yakin Jakarta Tak Tenggelam 10 Tahun Lagi Seperti Kata Joe Biden

Dwi Bowo Raharjo | Fakhri Fuadi Muflih
Wagub DKI Yakin Jakarta Tak Tenggelam 10 Tahun Lagi Seperti Kata Joe Biden
Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria (kiri) bersama Plt Wali Kota Jakarta Selatan Isnawa Adji (dua dari kanan) meninjau fasilitas ruang isolasi pasien COVID-19 di Rusun Pasar Rumput, Setiabudi, Jakarta Selatan, Jumat (25/6/2021). [ANTARA/Dewa Ketut Sudiarta Wiguna]

"Memang Jakarta dataran rendah."

Suara.com - Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengatakan Jakarta tidak akan tenggelam dalam waktu 10 tahun lagi seperti yang dikatakan Presiden Amerika Serikat, Joe Biden. Riza meyakini ibu kota masih akan berdiri kokoh di tahun 2031.

Meski demikian, Riza menghormati pernyataan dari Joe Biden. Namun, pihaknya tak akan membiarkan apa yang diprediksi Joe Biden menjadi kenyataan. Pemprov DKI nantinya akan melakukan berbagai upaya.

"Disampaikan Joe Biden 10 tahun ke depan Jakarta akan tenggelam, insya allah dengan berbagai program yang ada kita akan upayakan Jakarta tidak tenggelam," ujar Riza di Balai Kota DKI Jakarta, Rabu (4/8/2021).

Riza memang mengakui Jakarta pada dasarnya memang adalah dataran rendah. Karena itu banjir mudah menerjang ibu kota setiap tahunnya.

Baca Juga: Dari Enam Tempat Isolasi Pasien Covid-19, Wagub DKI: Hanya Terisi 40 persen Sekarang

"Memang Jakarta dataran rendah, di kelilingi laut," tuturnya.

Berbagai program di antaranya seperti air bersih, pipanisasi hingga pembuatan tembok raksasa atau giant wall akan dijalankan. Dengan demikian, maka diharapkan penurunan kontur tanah tidak akan terjadi dan daratan Jakarta akan aman dari terjangan air.

"Kita harapkan Jakarta tidak tenggelam dan tentu yang tidak kalah penting, perilaku masyarakat kita perbaiki untuk tidak membuang sampah sembarangan," pungkasnya.

Komentar