alexametrics

Cara Cek Penerima Bansos BST, BPNT, dan PKH Kemensos

Rifan Aditya
Cara Cek Penerima Bansos BST, BPNT, dan PKH Kemensos
Cara Cek Penerima Bansos BST, BPNT, dan PKH Kemensos - Cara cek penerima PKH di cekbansos.kemensos.go.id (https://cekbansos.kemensos.go.id/)

Cara cek penerima bansos Kemensos BST, BPNT, dan PKH bisa dilakukan secara online melalui satu website yaitu cekbansos.kemensos.go.id.

Suara.com - Saat Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 3-4, pemerintah Indonesia melalui Kemensos, mendistribusikan berbagai program bantuan sosial (bansos) untuk masyarakat. Cara cek penerima bansos Kemensos bisa dilakukan secara online. 

Adapun bantuan sosial yang akan disalurkan kepada masyarakat saat PPKM di antaranya Bantuan Sosial Tunai (BST), Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT), dan Program Keluarga Harapan (PKH). Cara cek penerima bansos Kemensos tersebut dapat diakses melalui satu website.

Cara Cek Penerima Bansos Kemensos

Cek daftar penerima bansos Kemensos dapat dilakukan oleh siapapun melalui situs cekbansos.kemensos.go.id. Masyarakat yang telah menerima bansos maupun yang masih dalam tahap proses, dapat mengakses data penerima bantuan sosial.

Baca Juga: Jadwal Cair Bantuan Sosial Tunai BST DKI Jakarta Juli-Agustus 2021

Daftar nama penerima bansos BST, BPNT, dan PKH dapat dilihat melalui satu website resmi milik pemerintah, yaitu https://cekbansos.kemensos.go.id/. Adapun langkah-langkah untuk mengecek nama penerima bansos yang terdaftar adalah sebagai berikut:

  1. Buka laman https://cekbansos.kemensos.go.id 
  2. Isi Wilayah PM (Penerima Manfaat): Pilih Provinsi, Kabupaten/Kota, Kecamatan, dan Desa di mana Anda berdomisili
  3. Masukkan Nama PM (Penerima Manfaat)
  4. Salin pada kolom dua kata yang tertera dalam kotak kode. Jika huruf kode tidak jelas, klik pada kotak kode untuk merefresh kode baru
  5. Kemudian klik pada tombol "Cari Data".
  6. Sistem otomatis akan memproses nama penerima bansos berdasarkan wilayah domisili yang tertera dan dicocokkan dengan nama yang terdapat di sistem database Kemensos.

Cara Mencairkan Bansos Tunai

  1. Penerima Bantuan Sosial Tunai Rp 300.000 menerima surat undangan dari Ketua RT setempat. Surat tersebut berisi barcode dan informasi dasar penerima bantuan yang wajib dibawa saat ke kantor pos terdekat sebagai bukti untuk proses pencairan bantuan.
  2. Penerima manfaat membawa surat undangan dan datang mencairkan bansos ke kantor pos sesuai jadwal. Penerima Bansos Tunai juga wajib membawa KTP atau Kartu Keluarga. Kemudian datangi Kantor Pos dan tunjukkan kepada petugas. 
  3. Setelah surat undangan ditunjukkan, petugas akan mengecek dan scan barcode yang terdapat pada surat undangan. Pencairan Rp 300.000 sukses dilakukan dan tidak ada potongan sama sekali.

Perlu kalian ketahui, target penerima masing-masing bantuan sosial adalah: BST ditarget 10 juta penerima, BPNT menyasar 18,8 juta penerima, dan untuk PKH sebesar 10 juta penerima. 

Demikian pembahasan mengenai cara cek penerima Bansos BST, BPNT, dan PKH beserta cara mencairkan bantuan di kantor pos. Semoga bermanfaat.

Kontributor : Yulia Kartika Dewi

Baca Juga: Disurati Anies Baswedan Soal Data Penerima Bansos, Mensos Risma: Saya Tidak Tahu Persis

Komentar