alexametrics

Mau Donor Plasma Konvalesen untuk Pasien Covid, Naik Taxi Online Aja Dijamin Gratis!

Agung Sandy Lesmana | Stephanus Aranditio
Mau Donor Plasma Konvalesen untuk Pasien Covid, Naik Taxi Online Aja Dijamin Gratis!
Mau Donor Plasma Konvalesen untuk Pasien Covid, Warga Bisa Naik Ojol Gratis. Ilustrasi pendonor plasma konvalesen berbaring di tempat tidur PMI Kota Yogyakarta, Senin (8/2/2021). - (SuaraJogja.id/Hiskia Andika)

Grab Indonesia menyediakan layanan transportasi bagi orang yang mau donor plasma konvalesen dari rumah ke Palang Merah Indonesia untuk membantu penanganan Covid-19.

Suara.com - Grab Indonesia menyediakan layanan transportasi bagi orang yang mau donor plasma konvalesen dari rumah ke Palang Merah Indonesia untuk membantu penanganan Covid-19.

Country Manager Director of Grab Indonesia Neneng Goenadi mengatakan bantuan ini diberikan melalui Temasek Foundation kepada Kementerian Kesehatan.

"Grab akan memberikan donasi peralatan dan solusi transportasi untuk masyarakat Indonesia yang terpapar Covid-19," kata Neneng dalam jumpa pers virtual, Kamis (5/8/2021).

Selain itu, mereka juga memberikan 1.000 konsentrator oksigen, 1.000 tabung oksigen, 1 juta dosis vitamin untuk tenaga kesehatan (nakes), supir ambulans, dan petugas pemakaman di TPU.

Baca Juga: Sandy Pas Band Butuh Cepat Donor Plasma Darah Konvalesen

Dalam kesempatan yang sama, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengapresiasi setiap bantuan kepada pemerintah, dia menyebut kebutuhan oksigen memang naik 5 kali lipat dalam sebulan terakhir.

"Sebelum lebaran kebutuhan oksigen medis itu cuma 400 ton per hari, sekarang naik menjadi di atas 2000 ton per hari," kata Budi.

Pemerintah juga mendorong pabrik oksigen kecil untuk memproduksi oksigen konsentrator yang bisa digunakan dengan lebih mudah.

"Kami sekarang sedang dalam proses mengadakan 50 ribu oksigen konsentrator, setiap 1.000 setara dengan 20 ton per hari, sehingga dengan 50 ribu kita bisa setarakan dengan 1.000 ton per hari," ungkapnya.

Hingga saat ini pemerintah sudah menerima donasi oksigen konsentrator sebanyak 6 ribu unit dari total 15 ribu yang dijanjikan oleh beberapa pihak.

Baca Juga: Calo Donor Darah Plasma di Tuban Gentayangan, Begini Modusnya

Komentar