alexametrics

Emtek Investasi Rp 5,4 Triliun di Grab Indonesia

Liberty Jemadu | Dicky Prastya
Emtek Investasi Rp 5,4 Triliun di Grab Indonesia
Emtek menyuntikan investasi senilai Rp 5,4 triliun ke Grab Indonesia. Foto: Ilustrasi pengemudi Grab. [HO/Grab Indonesia].

Emtek berinvestasi sebesar Rp 5,4 triliun ke Grab. Kedua perusahaan fokus pada digitalisasi UMKM.

Suara.com - PT Elang Mahkota Teknologi Tbk. (Emtek) telah menginvestasikan 375 juta dolar Amerika Serikat atau sekitar Rp 5,4 triliun di PT. Grab Teknologi Indonesia. Investasi ini dilakukan untuk menjalin sinergi antara kedua perusahaan.

"Investasi ini dilakukan tidak hanya memadukan bisnis yang ada, tapi juga menjalin sinergi antara kedua perusahaan," kata Managing Director Emtek Sutanto Hartono dalam konferensi pers virtual, Senin (26/7/2021).

Adapun langkah awal dari kolaborasi Emtek dan Grab adalah pelaksanaan Festival Kota Mapan. Program ini akan digelar di Solo pada September mendatang.

Managing Director Emtek Group, Sutanto Hartono menyampaikan, poin dari penyelenggaraan Festival Kota Mapan adalah agar fokus dalam launching kolaborasi yang melibatkan berbagai sektor, mulai dari elemen pemerintahan hingga partisipasi pelaku UMKM.

Baca Juga: Grab dan EMTEK Gelar Festival Kota Mapan untuk Dorong UMKM Melek Digital

Ia menyebutkan, kolaborasi ini ditujukan untuk menjaring sebanyak mungkin UMKM agar berpartisipasi pada ekonomi digital. Disebutkan bahwa mereka menargetkan 1.000 UMKM yang ada di Solo.

"Dengan menggabungkan kekuatan bersama Grab. Kami akan memberikan pengetahuan know how agar pelaku UMKM melek digital. EMTEK juga akan memanfaatkan platform yang kami miliki, seperti TV, untuk menjangkau masyarakat berpartisipasi secara optimal," paparnya.

Prioritas utama dari kolaborasi Grab dan Emtek Group adalah memperluas digitalisasi hingga ke tingkat kabupaten di Indonesia. Disebutkan bahwa 99 persen dari semua bisnis tanah air adalah bisnis UMKM, namun hanya 21 persen yang memiliki akses digital.

Nantinya, Festival Kota Mapan fokus pada program dukungan terintegrasi yang bertujuan untuk meningkatkan kapabilitas melalui program pelatihan yang dikurasi dan intensif, serta solusi teknologi yang dikostumisasi, didukung oleh Bukalapak, GrabFood, GrabKios, dan GrabMart.

Baca Juga: Menkop Teten Masduki: Kolaborasi Emtek - Grab Bisa Percepat Transformasi Digital UMKM