alexametrics

Masjid Raya KH Hasyim Asy'ari jadi Sentra Vaksin Lintas Agama di Jakbar

Agung Sandy Lesmana | Yaumal Asri Adi Hutasuhut
Masjid Raya KH Hasyim Asy'ari jadi Sentra Vaksin Lintas Agama di Jakbar
Vaksinator menyuntikkan vaksin COVID-19 kepada warga di Universitas Nasional, Jakarta, Senin (26/7/2021). [Suara.com/Angga Budhiyanto]

Menurutnya, pada vaksinasi dosis pertama ada 1300 warga yang disuntik. Tahap kedua sebanyak 1.600 warga.

Suara.com - Sempat dijadikan sebagai salah satu lokasi rujukan isolasi bagi pasien Covid-19, Masjid Raya KH Hasyim Asy'ari di Jakarta Barat kekinian dialihfungsikan menjadi posko vaksinasi bagi masyarakat lintas agama. Hingga saat ini telah ada sekitar 2.000 warga yang sudah divaksin di lokasi tersebut. 

Kata Lukmanul Hakim, selaku panitia vaksinasi di lokasi, Masjid Raya KH Hasyim Asy'ari telah dua kali menyelenggarakan vaksinasi bagi masyarakat, yakni vaksin dosis pertama pada 8 Juli lalu dan vaksin tahap dua pada hari ini, Kamis (5/8/2021). 

“Jadi vaksin ini merupakan dosis kedua melanjutkan vaksin pertama awal bulan Juli 2021 lalu," ujar Lukmanul di lokasi, Kamis (5/8/2021).

Menurutnya, pada vaksinasi dosis pertama ada 1300 warga yang disuntik. Tahap kedua sebanyak 1.600 warga. 

Baca Juga: Gara-gara Kebijakan Vaksin Berbayar, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Disomasi Masyarakat

Pada vaksinasi tahap kedua ini, merupakan kerja sama antara PCNU Jakarta Barat dengan Polres Metro Jakarta Barat lewat program Vaksin Merdeka. Kata Lukmanul, vaksinasi tahap dua ini hanya berlangsung pada Kamis (5/8) ini saja. 

Vaksinasi ditujukan bagi seluruh warga Jakarta Barat, meski lokasinya yang berada di sebuah mesjid, namun tetap bisa diikuti warga dari latar belakang agama yang berbeda. 

“Pertama mungkin yang diimbau karena ini yang mengadakan NU ya untuk warga NU, sisanya untuk warga sekitar dan masyarakat umum. Termasuk non muslim tidak ada masalah," paparnya. 

Komentar