alexametrics

Kasus Covid-19 Indonesia Turun Saat Negara Tetangga Sedang Alami Eskalasi

Erick Tanjung | Ria Rizki Nirmala Sari
Kasus Covid-19 Indonesia Turun Saat Negara Tetangga Sedang Alami Eskalasi
Wamenkes Dante Saksono Harbuwono (Antara/Andi Firdaus)

Masyarakat jangan melonggarkan protokol kesehatan Covid-19, kata Dante.

Suara.com - Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksono Harbuwono mengatakan kalau kasus Covid-19 di Indonesia sudah lebih baik dibandingkan beberapa negara tetangga yang kini malah tengah mengalami eskalasi. Namun ia berpesan kepada seluruh masyarakat untuk tidak terlena ketika melihat penyebaran kasus Covid-19 di tanah air mengalami penurunan.

Dante mengungkapkan negara yang kini tengah mengalami eskalasi Covid-19 ialah Malaysia, Filipina dan Vietnam. Sementara Indonesai sudah melewati masa puncak di mana kasus konfirmasi Covid-19 meningkat dan berpengaruh terhadap ketersediaan rumah sakit serta kasus kematian.

"Sedangkan kita sudah mulai menurun," ungkap Dante saat konferensi pers yang disiarkan melalui akun YouTube Kemenko Marves, Senin (6/9/2021).

Kendati begitu, bukan berarti masyarakat juga ikut melonggarkan protokol kesehatan Covid-19. Justru saat ini menjadi waktu yang tepat bagi ketahanan medis. Menurutnya ketahanan medis tersebut penting karena melihat adanya kenaikan kasus di beberapa tempat.

Baca Juga: Kasus Covid-19 Mendekati Rekomendasi WHO, Wamenkes: Tracing Mesti Ditingkatkan

Seperti misalnya di Amerika Serikat di mana vaksinasinya sudah mencapai 52 persen, namun mereka tetap dihadapi dengan kenaikan kasus Covid-19. Dante mengatakan hal tersebut disebabkan oleh abainya protokol kesehatan lantaran menganggap sudah mendapatkan vaksinasi.

"Jadi vaksinasi bukan satu-satunya game changer tetapi merupakan salah satu komponen yang penting untuk dilakukan tetapi hal penting adalah penerapan prokes di masyarakat. setiap kali terjadi kenaikan mobilitas masyarakat, selalu disertai dengan peningkatan kasus tersebut," tuturnya.

Oleh sebab itu, Dante mengingatkan masyarakat supaya tetap hati-hati terlebih akan ada hari libur nasional pada bulan depan. Masa libur nasional itu kerap menjadi momen naiknya kasus Covid-19 di Indonesia.

"Kita masih berhati-hati karena setiap kali peningkatan mobilitas selalu disertai dengan peningkatan kasus tersebut."

Baca Juga: Vaksinasi, Satu-satunya Cara Mendapatkan Herd Immunity untuk Keluar dari Pandemi

Komentar