alexametrics

Satgas Ungkap 6 Poin Road Map Mengubah Pandemi Menjadi Endemi Covid-19

Dwi Bowo Raharjo | Stephanus Aranditio
Satgas Ungkap 6 Poin Road Map Mengubah Pandemi Menjadi Endemi Covid-19
Prof. Wiku Adisasmito (BNPB/Youtube)

"Saat ini kita memiliki target besar bersama untuk selangkah lebih maju mempertahankan kondisi kasus Covid-19 yang cukup terkendali."

Suara.com - Pemerintah terus mematangkan peta jalan atau road map untuk mengubah pandemi menjadi endemi agar masyarakat siap hidup bersama virus Covid-19 dengan pengendalian wabah agar tidak melonjak.

Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito menjelaskan pemerintah bakal menitikberatkan pada 3 fase, yaitu fase merespon, memperbaiki dan mempertahankan.

Menurutnya Indonesia sekarang sedang berada dalam fase mempertahankan konsistensi penurunan kasus dari lonjakan kedua akibat varian delta.

"Saat ini kita memiliki target besar bersama untuk selangkah lebih maju mempertahankan kondisi kasus Covid-19 yang cukup terkendali sehingga perlahan memasuki fase respon pemerintah untuk mempertahankan," kata Wiku, Selasa (7/9/2021).

Baca Juga: Kasus Covid-19 Turun, Satgas Bandingkan Peringkat Indonesia dengan Negara Tetangga

Sembari mempertahankan, pemerintah akan meningkatkan kapasitas sistem kesehatan dengan fokus memenuhi kebutuhan kritis jangka pendek seperti kebutuhan testing kita, tempat tidur, maupun oksigen.

Kemudian dengan sosialiasi kesehatan yang intensif demi meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap kondisi kegentingan yang terjadi. Dari segi ekonomi pemerintah mencoba memberi bantuan ekonomi secara merata.

Wiku menyebut pemerintah juga tengah melakukan evaluasi terhadap sistem kesehatan yang sempat mengalami kolaps khususnya terkait aspek finansial fasilitas kesehatan dan psikis tenaga kesehatan.

Langkah kedua, pemerintah akan menentukan dasar pembangunan jangka panjang termasuk peningkatan ketahanan kesehatan masyarakat.

Ketiga, melakukan evaluasi kebijakan nasional dan sistem pengendalian yang lebih efisien secara berkala misalnya pembaharuan poin pengetat-longgaran dan digitalisasi skrining kesehatan.

Baca Juga: Wapres Maruf Amin: Pemerintah Siapkan Skenario Hadapi Endemi Covid-19

"Keempat melanjutkan vaksinasi Covid-19 dan penyakit esensial lainnya," lanjutnya.

Kelima, investasi jangka panjang untuk mengubah perilaku masyarakat menjadi lebih sehat secara berkelanjutan.

"Keenam, pelaksanaan kegiatan ekonomi yang produktif namun tetap terkendali," ucap Wiku.

Wiku menegaskan keenam strategi mengubah pandemi menjadi endemi ini bisa terlaksana jika semua pihak kompak bekerja sama menaati semua protokol kesehatan dan aturan yang dibuat.

"Ingat untuk mengubah kondisi pandemi menjadi endemi membutuhkan waktu yang tidak sedikit. Namun bukan tidak mungkin, jika Indonesia sebagai bangsa besar mampu mempertahankan kondisi yang cukup terkendali," tutup Wiku.

Diketahui, pandemi Covid-19 telah menginfeksi 4.140.634 orang Indonesia, kini masih terdapat 138.630 kasus aktif, 3.864.848 orang sudah dinyatakan sembuh, dan 137.156 jiwa meninggal dunia.

Komentar